Site icon Info Seputar Muslim

Kapan Puasa Tasu’a dan Asyura 2023 ? Ini Jadwal dan Niatnya

Puasa Tasu'a dan Asyura

Gambar ilustrasi Puasa Tasu'a dan Asyura | Sumber : Freepik

Biromuslim – Kapan puasa Tasu’a dan Asyura 2023 menjadi pertanyaan yang sering diperbincangkan bagi umat Muslim. Puasa Tasu’a dan Asyura sendiri merupakan puasa sunnah yang dikerjakan pada bulan Muharram.

Bulan Muharram adalah salah satu bulan mulia, dan disunahkan untuk melakukan amalan-amalan termasuk puasa sunah. Rasulullah SAW bersabda:

“Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadan adalah puasa pada bulan Allah – Muharram. Sementara salat yang paling utama setelah salat wajib adalah salat malam.” (HR. Muslim no. 1163).

Waktu pelaksanaan puasa Tasu’a adalah tanggal 9 Muharram, sementara untuk puasa Asyura dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram. Bagi umat Muslim yang mengerjakan puasa di bulan Muharram tersebut, akan mendapatkan keutamaannya.

Berikut biromuslim.com ulas mengenai jadwal puasa Tasu’a dan Asyura 2023 beserta bacaan niatnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

Mengenal Puasa Tasu’a dan Asyura

Puasa Tasu’a

Puasa Tasu’a adalah puasa yang dilaksanakan pada tanggal 9 Muharram kalender Hijriah, sehari sebelum puasa Asyura. Kata Tasu’a berasal dari bahasa Arab yakni “katatis’a” yang berarti bilangan sembilan. Puasa ini dikerjakan sebagai pengiring puasa yang akan dilaksanakan pada hari selanjutnya, yakni puasa Asyura.

Puasa Asyura

Puasa Asyura dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram kalender Hijriah. Kata Asyura sendiri diambil dari bahasa Arab “‘Asyroh,” yang artinya sepuluh. Hari kesepuluh di bulan Muharram merupakan hari ketika Nabi Musa AS berpuasa sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT karena telah menyelamatkan Bani Israil dari kejaran musuhnya.

Baca Juga : Kumpulan Doa Awal Tahun 1 Muharram 1445 Hijriyah

Keutamaan Puasa Tasu’a dan Asyura

Puasa Tasu’a dan Asyura memiliki keutamaan tersendiri bagi umat Muslim yang melaksanakannya. Selain mendapatkan pahala atas amal ibadah puasa sunnah, puasa ini memiliki sejarah dan makna yang mendalam dalam Islam.

Keutamaan Puasa Tasu’a

Puasa Tasu’a memiliki keutamaan sebagai puasa pengiring puasa Asyura. Dengan berpuasa pada tanggal 9 Muharram, umat Muslim mengikuti sunnah Rasulullah SAW dan membedakan puasa mereka dengan puasa umat Yahudi yang dilakukan pada tanggal 10 Muharram.

Keutamaan Puasa Asyura

Puasa Asyura memiliki banyak keutamaan. Rasulullah SAW bersabda bahwa puasa pada hari Asyura dapat menghapus dosa-dosa yang dilakukan dalam setahun sebelumnya. Puasa ini juga merupakan puasa yang dilakukan oleh Nabi Musa AS sebagai bentuk syukur kepada Allah atas penyelamatan Bani Israil.

Jadwal Puasa Tasu’a dan Asyura 2023

Puasa Tasu’a dan Asyura tahun 2023 jatuh pada bulan Muharram. Berikut adalah jadwal puasa Tasu’a dan Asyura tahun 2023:

Tanggal MuharramHariJenis Puasa
9 MuharramKamis, 27 Juli 2023Puasa Tasu’a
10 MuharramJumat, 28 Juli 2023Puasa Asyura

Baca Juga : Keutamaan Ibadah Umrah di Bulan Suci Ramadhan

Niat Puasa Tasu’a dan Asyura

Niat puasa Tasu’a dan Asyura haruslah dilakukan dengan tulus dan ikhlas. Berikut adalah niat puasa Tasu’a dan Asyura yang bisa diucapkan:

Niat Puasa Tasu’a

“أَنَا نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُوعَاءِ غَدَاءً مِنْ شَهْرِ اللَّهِ الْمُحَرَّمِ رَاجِعًا إِلَى اللَّهِ تَعَالَى”

Artinya: “Aku niat berpuasa Tasu’a besok dari bulan Allah Muharram, mencari keridhaan Allah Ta’ala.”

Niat Puasa Asyura

“أَنَا نَوَيْتُ صَوْمَ عَاشُورَاءِ غَدَاءً مِنْ شَهْرِ اللَّهِ الْمُحَرَّمِ رَاجِعًا إِلَى اللَّهِ تَعَالَى”

Artinya: “Aku niat berpuasa Asyura besok dari bulan Allah Muharram, mencari keridhaan Allah Ta’ala.”

Baca Juga : 25 Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1445 Hijriah

Keutamaan Puasa Tasu’a dan Asyura

Bagi umat Muslim yang mengerjakan puasa sunnah Tasu’a dan Asyura dengan sungguh-sungguh, maka akan mendapatkan keutamaannya. Berikut ini beberapa keutamaan puasa Tasu’a dan Asyura adalah:

  1. Menghapus Dosa Setahun yang Lalu: Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Qatadah, Rasulullah SAW bersabda bahwa puasa pada hari Asyura dapat menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan selama setahun sebelumnya. Ini adalah salah satu keutamaan besar dari berpuasa pada hari tersebut.
  2. Puasa Sunnah yang Dimuliakan: Dalam hadis yang diriwayatkan oleh al-Bahili, seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW tentang puasa pada hari Asyura. Rasulullah SAW menjawab bahwa beliau tidak melihat tubuh sahabat tersebut lemah, lalu menyarankan untuk berpuasa pada bulan Sabar (Ramadhan) dan tiga hari setelahnya, serta berpuasa pada bulan-bulan mulia, termasuk Muharram.
  3. Puasa Sehari Berpahala Sebulan Penuh: Menurut hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, puasa pada hari Asyura dapat memberikan pahala setara dengan berpuasa selama 30 hari atau satu bulan penuh. Demikian juga dengan puasa pada hari Arafah yang dapat menghapus dosa selama dua tahun.

Dengan mengetahui keutamaan-keutamaan ini, diharapkan umat Muslim semakin termotivasi untuk melaksanakan puasa Tasu’a dan Asyura dengan niat yang ikhlas dan penuh keikhlasan. Semoga amal ibadah ini mendekatkan kita kepada Allah SWT dan membawa banyak kebaikan dalam kehidupan dunia dan akhirat.

Catatan: Penjelasan di atas didasarkan pada hadis-hadis yang diriwayatkan dalam literatur Islam. Sebagai umat Muslim, penting bagi kita untuk selalu merujuk kepada sumber-sumber yang sahih dan terpercaya dalam memahami ajaran agama Islam.

Baca Juga : Apa Saja Sifat Muslim Yang Sempurna ?

Pertanyaan Seputar Puasa Tasu’a dan Asyura

Apa itu puasa Tasu’a dan Asyura?

Puasa Tasu’a adalah puasa yang dilaksanakan pada tanggal 9 Muharram, sehari sebelum puasa Asyura yang dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram.

Mengapa umat Muslim berpuasa Tasu’a?

Puasa Tasu’a dilaksanakan sebagai pengiring puasa Asyura dan untuk membedakan puasa umat Muslim dengan puasa umat Yahudi yang dilakukan pada tanggal 10 Muharram.

Apa keutamaan puasa Asyura?

Puasa Asyura memiliki banyak keutamaan, termasuk menghapus dosa-dosa yang dilakukan dalam setahun sebelumnya dan sebagai bentuk syukur atas penyelamatan Bani Israil oleh Nabi Musa AS.

Kapan jadwal puasa Tasu’a dan Asyura tahun 2023?

Puasa Tasu’a jatuh pada tanggal 9 Muharram dan puasa Asyura jatuh pada tanggal 10 Muharram tahun 2023.

Exit mobile version