Site icon Info Seputar Muslim

Mengenal Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban: Doa dan Panduan

Doa Menyembelih dan Menerima Hewan Kurban Idul Adha, Ini Lengkapnya

Gambar ilustrasi IdulAdha | Sumber Freepik.com/YusufSangdes

BiroMuslim – 28 Juni 2023 – Hendaknya sebelum proses penyembelihan hewan kurban memperhatikan tata caranya. Di antaranya adalah menghadapkan hewan kurban ke kiblat, membaca basmalah, sholawat, takbir, tahmid, dan juga membaca doa menyembelih hewan kurban. Ibadah kurban merupakan sunnah muakkad, yang berarti sunnah yang dikuatkan.

Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan ibadah kurban sejak disyariatkannya sampai beliau wafat. Dalam artikel ini, kita akan membahas tata cara penyembelihan hewan kurban yang seharusnya dilakukan serta doa-doa yang dibaca pada saat penyembelihan.

Ibadah kurban adalah salah satu ibadah yang dilakukan umat Islam pada hari raya Idul Adha. Ibadah ini memiliki makna yang mendalam dan mengajarkan tentang pengorbanan dan keikhlasan dalam beribadah. Sebelum melaksanakan proses penyembelihan hewan kurban, penting bagi umat Muslim untuk memahami tata cara yang benar agar ibadah ini diterima oleh Allah SWT.

Pentingnya Menyembelih Hewan Kurban

Ibadah kurban merupakan sunnah muakkad yang ditegaskan oleh Rasulullah SAW. Dalam sejarah Islam, Rasulullah tidak pernah meninggalkan ibadah kurban sejak disyariatkan hingga beliau wafat. Melalui ibadah kurban, umat Muslim dianjurkan untuk mengorbankan hewan yang telah dipilih dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah dan menunjukkan rasa syukur atas nikmat-Nya.

Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban

Proses penyembelihan hewan kurban melibatkan beberapa langkah yang harus diperhatikan dengan seksama. Berikut adalah tata cara penyembelihan yang benar:

1. Menghadapkan Hewan Kurban ke Kiblat

Sebelum menyembelih hewan kurban, penting untuk menghadapkan hewan tersebut ke arah kiblat, yaitu Ka’bah di Makkah. Hal ini merupakan tanda penghormatan dan kesadaran kita sebagai hamba Allah yang taat.

2. Membaca Basmalah

Sebelum memulai penyembelihan, bacalah basmalah, yaitu “Bismillah”. Dengan menyebut nama Allah, kita mengingatkan diri bahwa tindakan ini dilakukan semata-mata karena Allah dan untuk mendapatkan keridhaan-Nya.

3. Membaca Sholawat, Takbir, dan Tahmid

Setelah membaca basmalah, disunahkan untuk membaca sholawat, takbir, dan tahmid. Sholawat merupakan doa yang mengajak kita untuk mendoakan Nabi Muhammad SAW, takbir adalah ungkapan kebesaran Allah, dan tahmid adalah ungkapan syukur kepada Allah. Dengan membaca dzikir ini, kita mengingat Allah dan memperkuat ikatan spiritual kita dalam ibadah kurban.

4. Membaca Doa Menyembelih Hewan Kurban

Ada beberapa doa yang dianjurkan untuk dibaca saat menyembelih hewan kurban. Berikut ini adalah beberapa doa yang dapat kita amalkan:

1. Doa menyembelih hewan kurban sebagaimana dijelaskan Syekh Wahbah Al Zuhaili dalam Al Fiqh Al Islami wa Adillatuhu

وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَأوَاتِ وَالأَرْضَ حَنِيفًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ، إِنَّ صَلاَتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، لاَ شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِينَ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْد اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنِّيْ /مِنْ فُلاَن كَمَا تَقَبَّلْتَ مِنْ اِبْرَاهِيْمَ خَلِيْلِكَ.

“Wajjahtu wajhii lilladzii fatharos samaawaati wal ardho haniifaw wamaa ana minal musyrikiin, inna sholaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaati lillaahi robbil ‘aalamiin, laa syariikalahuu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimin.

Bismillaahir rahmaanir rohoim, allohumma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammad. Alloohu akbar, alloohu akbar, alloohu akbar, wa lillaahil hamd. Allohumma haadzihii minka wa ilaika fataqobbal minnii/min fulan, kamaa taqobbalta min ibroohim kholiilika.”

Artinya: 

Aku menghadapkan wajahku (hatiku) kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan menyerahkan diri, dan aku bukanlah dari golongan kaum musyrikin. Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah, Tuhan seluruh alam, tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan itu aku diperintahkan untuk tidak menyekutukanNya, dan aku termasuk golongan dari orang muslimin.

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Penyayang dan Maha Pengasih. Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, hanya bagi Allah segala puji. Ya Allah, hewan ini adalah nikmat dari-Mu, dan melalui hewan ini pula mendekatkan diri kepada-Mu. Ya Allah, terimalah dariku/dari fulan (sebut nama orang yang berkurban), sebagaimana Engkau menerima dari Nabi Ibrahim, kekasih-Mu

2. Doa menyembelih hewan kurban sebagaimana dijelaskan dalam Irsyadul Anam fi Tarjamati Arkanil Islam karya Sayid Utsman bin Yahya

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

“Allahumma hadzihi minka wa ilaika, fataqabbal minni ya karim.”

Artinya:

Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.

3. Doa menyembelih hewan kurban orang lain

اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ اللَّهُمَّ مِنْكَ وَ إِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنْ…

“Bismillah wallahu akbar. Allahumma minka wa ilaika, fataqabbal min … (ucapkan nama pemilik hewan kurban)”

Artinya: Dengan nama Allah dan Allah Maha Besar, Ya Allah, kurban ini dari-Mu dan untuk-Mu, terimalah kurban (nama pemilik hewan kurban).

Baca Juga : Idul Adha 1444H Akan Dirayakan pada 29 Juni 2023

Doa Untuk Menerima Daging Kurban: Ucapan Syukur dan Keberkahan

Ketika tiba saatnya panitia kurban membagikan daging kurban, kita sebagai penerima sebaiknya mengucapkan terima kasih kepada mereka yang telah mengantarkan daging kurban tersebut. Tidak hanya itu, penting juga untuk mendoakan orang yang telah mengantar daging kurban dan orang yang berkurban agar daging kurban tersebut sampai kepada kita dengan lancar. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang doa yang bisa dibaca ketika menerima daging kurban, pentingnya berdoa dalam menerima berkah tersebut, serta manfaat dan pahala dari berkurban.

Doa Untuk Menerima Daging Kurban

Doa merupakan salah satu bentuk ibadah yang dapat dilakukan ketika menerima daging kurban. Berikut adalah doa yang bisa dibaca ketika menerima daging kurban:

“جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا. اللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيمَا رَزَقْتَهُمْ وَاغْفِرْ لَهُمْ وَارْحَمْهُمْ.”

Artinya: “Semoga Allah membalas membalasmu dengan ganjaran yang baik. Ya Allah, berkahilah apa yang Engkau rezekikan kepada mereka, ampunilah mereka, dan rahmatilah mereka.”

Dengan mengucapkan doa ini, kita menyampaikan rasa syukur kepada Allah atas nikmat daging kurban yang diberikan kepada kita. Doa ini juga merupakan bentuk penghormatan dan apresiasi kepada panitia kurban yang telah berusaha keras untuk membagikan daging kurban kepada umat Muslim.

Keberkahan dalam Menerima Daging Kurban

Menerima daging kurban dengan penuh syukur dan doa memiliki makna yang mendalam. Ketika kita menerima daging kurban dengan hati yang bersih dan penuh rasa terima kasih, kita akan merasakan keberkahan dalam setiap nikmat yang diberikan Allah. Doa-doa yang kita panjatkan juga menjadi sarana untuk memohon keberkahan, ampunan, dan rahmat Allah untuk mereka yang telah berkorban dan bagi kita yang menerimanya.

Rasulullah SAW bersabda dalam hadits riwayat Imam at-Tirmidzi dan Imam Ibnu Majah:

َا عَمِلَ آدَمِيٌّ مِنْ عَمَلِ يَوْمَ النَّحْرِ أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ مِنْ إِهْرَاقِ الدَّمِإِنَّهَا لَتَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُونِهَا وَأَشْعَارِهَا وَأَظْلَافِهَا وَأَنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنْ اللهِ بِمَكَانٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ مِنْ الْأَرْضِ فَطِيبُوا بِهَا نَفْسًا

(رواه الترمذي وابن ماجه

Dari Aisyah ra: Rasulullah saw bersabda, “Tidaklah seorang anak Adam melakukan pekerjaan yang paling dicintai Allah pada hari nahr kecuali mengalirkan darah (menyembelih hewan qurban). Hewan itu nanti pada hari kiamat akan datang dengan tanduk, rambut dan bulunya. Dan pahala qurban itu di sisi Allah swt lebih dahulu dari pada darah yang menetes pada suatu tempat sebelum menetes ke tanah. Maka hiasilah dirimu dengan ibadah qurban. (HR. Tirmidzy dan Ibnu Majah)

Baca Juga : 

Exit mobile version