Site icon Info Seputar Muslim

Kumpulan Anime Muslim Yang Bisa Ditonton Ketika Puasa

Kumpulan Anime Muslim Yang Bisa Ditonton Ketika Puasa

Kumpulan Anime Muslim Yang Bisa Ditonton Ketika Puasa

Biromuslim – Kumpulan anime muslim ini punya referensi yang berkaitan dengan agama Islam. Inilah rekomendasi anime dengan nuansa Islam!

Anime atau kartun adalah serial animasi yang diproduksi di Jepang. Oleh karena itu, tak heran kalau latar tempat cerita ataupun berbagai aspek yang ada di serial animasi tersebut umumnya mengambil apa yang ada di Negeri Sakura.

Meski begitu, beberapa anime juga ada yang memasukkan berbagai macam unsur budaya serta kebiasaan dari negara lain ataupun kelompok tertentu.

Salah satu unsur yang dimasukan kedalam anime ialah agama Islam, dimana beberapa anime populer menampilkan budaya Islam entah itu secara tersirat atau diperlihatkan secara langsung.

Bahkan ada karakter yang menggambakan sebagai seorang muslim karena memiliki latar belakang bernuansa islam.

Baca Juga : Wisata Halal di Thailand Bidik Pasar Wisatawan Muslim

Berikut biromuslim rangkum kumpulan anime dan kartun muslim yang bisa kita tonton saat bulan Ramadhan :

1. Jojo’s Bizarre Adventure

Dio membaca al-quran | Sumber : kincir.com

Mari kita lihat anime Jojo’s Bizarre Adventure termasuk rekomendasi anime yang memiliki unsur Islam. Unsur tersebut berada pada sosok Muhammad Avdol selaku salah satu protagonis serialnya yang dikisahkan berasal dari Mesir.

Selain Muhammad Avdol, Jojo’s Bizarre Adventure sebenarnya sempat memiliki adegan dengan unsur Islam lainnya, tepatnya ketika Dio diperlihatkan membaca sebuah kitab yang diduga adalah Alquran.

2. Yugo the Negotiator

Yugo the Negotiator | Sumber : kincir.com

Yuga the Negotiator adalah serial yang mengisahkan seorang ahli negosiasi bernama Yuga yang menggunakan kata-katanya untuk melawan para kriminal.

Pada musim pertama serialnya, Yugo pun dikisahkan mendapatkan misi untuk pergi ke Pakistan dan bernegosiasi dengan pemberontak di sana

Pada salah satu adegannya, Yugo sempat memberikan pembahasan tentang Nabi Muhammad saat sedang melakukan negosiasi. Lalu, dalam beberapa episodenya kita juga bisa mendengar seruan azan sebagai backgroud suaranya.

3. Mobile Suit Gundam 00

Setsuna Mobile Suit Gundam 00

Mobile Suit Gundam adalah seri anime mecha yang populer di dunia. Menariknya, dalam seri Mobile Suit Gundam 00 terdapat unsur yang berkaitan dengan agama Islam di dalamnya.

Hal ini karena Setsuna sempat dikisahkan bertugas di wilayah Timur Tengah dan juga berasal dari sana. Tak cuma itu, nama asli dari Setsuna juga ternyata adalah Soran Ibrahim yang tentunya sangat Islami.

Baca Juga : 5 Tips Agar Tidak Mengantuk dan Tubuh Fit Selama Puasa Ramadhan

4. The Journey

Aws The Journey

film animasi ini mengisahkan seorang pemuda bernama Aws yang berjuang dengan sekelompok orang lainnya untuk melindungi Ka’bah di Mekah yang ingin dihancurkan pemberontak.

Faktor yang membuat The Journey memiliki nuansa Islam yang kental adalah karena merupakan hasil kerja sama produksi pertama antara Jepang dengan Arab Saudi.

Makanya, enggak heran kalau The Journey mengambil latar tempat di Arab dan juga memiliki nuansa Islam.

5. Nussa

Nussa

Serial Nussa bisa dibilang salah satu kartun islami yang cukup populer dan mendapat sambutan baik di masyarakat. Bahkan, kerap kali menempati posisi trending dengan jumlah view hampir lebih dari 3 juta setiap episodenya, serta berhasil merilis sebuah film di bioskop.

Seri animasi karya anak bangsa ini memiliki dua karakter utama bernama Nussa dan Rara. Kartun ini sangat banyak mengedepankan nilai-nilai keislaman, serta juga menyelipkan lagu-lagu Islami seperti Rukun Islam, hafalan doa, Rukun Iman, dan banyak lagi.

6. Ali dan Sumaya

Ali dan Sumaya

Ingin belajar tentang ajaran Islam sekaligus bahasa Inggris? Jangan khawatir, seri kakak beradik Ali dan Sumaya ini merupakan kartun islami yang menggunakan bahasa Inggris, yang bisa menjadi media edukasi tentang ilmu agama dan bahasa Inggris.

Kartun Islami ini bisa dibilang cukup menggambarkan situasi anak-anak jaman sekarang. Pasalnya, Ali dan Sumaya memiliki hobi membuat vlog tentang aktivitas mereka.

Banyak hal yang bisa diajarkan melalui serial ini, seperti cara berwudhu hingga membaca Al-Qur’an yang dimulai dari membaca surah-surah pendek Juz Amma.

Exit mobile version