Site icon Info Seputar Muslim

5 Tips Agar Tidak Mengantuk dan Tubuh Fit Selama Puasa Ramadhan

Ilustrasi kantuk. (Photo by yanalya on Freepik)

Ilustrasi kantuk. (Photo by yanalya on Freepik)

BIROMUSLIM, Jakarta — Puasa di bulan Ramadhan hendaknya tidak menjadi halangan untuk beraktivitas sehari-hari. Meski tubuh terasa lemas hingga rasa kantuk yang sulit dihindari terutama di siang hari.

Menurut Departemen Kesehatan, puasa sendiri memiliki beragam manfaat bagi tubuh, mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga menurunkan kadar gula tubuh hingga meningkatkan fungsi otak.

Salah satu cara agar tidak mengantuk dan menjaga agar tubuh tetap fit saat berpuasa ialah dengan menerapkan gaya hidup wellness atau kesehatan yang holistik.

Vice President of Business Innovation & Development ParagonCorp, Alfia Wardah mengatakan, gaya hidup sehat secara holistik sebenarnya juga sejalan dengan tujuan puasa Ramadhan itu sendiri, yaitu mencapai keseimbangan antara tubuh, emosi, pikiran dan energi.

“Dengan menerapkan gaya hidup kesehatan holistik yang bermakna sehat secara menyeluruh, diharapkan tubuh bisa tetap terjaga fit sehingga ibadah dapat lebih dijalankan dengan lebih optimal dan aktivitas sehari-hari tidak terganggu meski sedang berpuasa,” kata Alfia dalam keterangan pers.

Berikut 5 cara agar tidak mudah mengantuk dan menjaga tubuh agar tetap fit selama berpuasa:

1. Jangan Tinggalkan Sahur

Sahur bisa diibaratkan sebagai pondasi yang dibutuhkan tubuh untuk bisa menjalankan puasa dengan lancar sepanjang hari. Menjalankan puasa tanpa sahur dapat menurunkan kadar gula darah pada tubuh dan membuat lebih mudah mengantuk.

Selain itu, pastikan konsumsi makanan bergizi seimbang saat sahur seperti daging, sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, serta sumber protein lainnya yang cenderung lambat dicerna oleh tubuh.

2. Olahraga Secara Teratur

Puasa bukan alasan untuk tidak berolahraga. Saat berpuasa di bulan Ramadhan, olahraga ringan sangat dianjurkan agar tubuh lebih segar dan kecil kemungkinan untuk tertidur. Banyak jenis olahraga ringan yang dapat dilakukan seperti berjalan kaki atau bersepeda santai.

3. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Kantuk saat berpuasa memang sulit dihindari karena tubuh mengalami dehidrasi akibat tidak minum seharian. Kebutuhan air minum seseorang per hari adalah 2-3 liter atau sekitar 8 gelas per hari.

Agar dapat menghindari rasa kantuk saat berpuasa dengan mencoba minum 2 gelas setelah puasa, 4 gelas pada malam hari dan 2 gelas pada waktu sahur.

Perlu diketahui bahwa sebaiknya menahan diri untuk tidak mengkonsumsi minuman seperti kopi dan minuman bersoda di antara waktu berbuka puasa dan sebelum sahur, karena dapat membuat tubuh semakin lemas dan mengantuk saat berpuasa.

4. Tidur Cukup

Selama Ramadhan, tidurlah yang cukup dengan tidak kurang dari 4 jam sehari. Ciptakan suasana tidur yang nyaman di kamar tidur dengan meredupkan lampu dan suhu ruangan sebelum tidur.

5. Hindari Makan Berlebihan

Hindari makan berlebihan ketika berbuka karena membuat tubuh lemas dan mudah mengantuk.

Baca juga: 4 Tips Puasa untuk Ibu Hamil, Mari Disimak!

Exit mobile version