Site icon Info Seputar Muslim

Wisata Halal di Thailand Bidik Pasar Wisatawan Muslim

Wisata Halal Thailand

Wisata Halal Thailand

BIROMUSLIM, Jakarta — Thailand adalah salah satu tujuan destinasi wisata terpopuler di daerah Asia Tenggara. Meskipun Thailand bukan negara mayoritas Muslim, ia mampu menawarkan tujuan wisata yang ramah bagi wisatawan Muslim. Islam sendiri merupakan agama terbesar kedua di Thailand.

Wisata halal telah menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir belakangan ini. Thailand merupakan negara yang fokus mengembangkan wisata halal di negaranya.

Thailand dianggap sebagai salah satu negara yang ramah Muslim. Sejak tiba di Bandara Internasional Suvarnabhumi Bangkok, wisatawan Muslim sudah dipermudah untuk beribadah di Mushola.

Ada lebih dari 3.400 masjid di Thailand, di mana 170 di antaranya berada di Bangkok. Menariknya, ada sebuah masjid bernama Masjid Jawa yang didirikan pada tahun 1906 oleh seorang Muslim berdarah Jawa.

Selain di bandara, hampir setiap mal di Thailand juga memiliki mushola. Wisatawan Muslim juga dengan mudah menemukan makanan halal, apalagi ada sertifikasi halal dari Halal Standard Institute of Thailand di bawah naungan Central Islamic Committee of Thailand.

“Jumlah wisatawan Muslim Indonesia kian meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Terdapat banyak hal bersertifikasi halal yang kami tawarkan di Thailand, mulai dari tempat wisata, makanan, hotel, fashion hingga tempat ibadah,” jelas Deputy Director Tourism Authority of Thailand, Sirimanas Pimpakom, beberapa waktu silam saat berada di Jakarta.

Baca juga : Penyebaran Islam di Asia Dibawa oleh Pedagang

Ada beberapa tempat yang direkomendasikan di Thailand untuk wisata halal, seperti bagian selatan Pulau Phuket yang memiliki kawasan halal. Lalu kawasan halal atau halal street juga ada di kota Chiang Mai di Thailand utara.

Wisata halal juga bisa ditemui di di Charoen Krung, Bangkok, yang lokasinya tidak jauh dari pusat perbelanjaan terbuka populer Asiatique. Tempat ini menyajikan pilihan hidangan Halal seperti Nasi Biryani, Tom Yum, Nasi Ketan Mangga, dan minuman es teh asli Thailand.

Wisatawan muslim juga bisa mampir ke Masjid Indonesia (Masjid Agung) yang terletak di dekat Kedutaan Besar AS dan Taman Lumphini. Di sekitar masjid ada sejumlah toko makanan halal yang lezat.

Selain itu, di Kota Bangkok juga bisa mampir ke The Foundation of Islamic Center of Bangkok, di mana bisa ditemukan makanan halal yang dijual di kawasan tersebut.

Thailand juga telah meluncurkan aplikasi khusus bernama Thailand Muslim Friendly Destination, untuk memudahkan wisatawan Muslim menemukan destinasi termasuk masjid atau mushola hingga berbagai restoran dengan menu makanan halal.

Fasilitas yang ditawarkan pariwisata Thailand untuk wisatawan Muslim juga membidik pasar wisatawan dari Indonesia, yang dikenal banyak memiliki banyak turis Muslim. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk wisata halal ke Thailand?  ^^

Baca juga : Kerukunan Umat Beragama Indonesia Jadi Sorotan Dunia

Exit mobile version