Site icon Info Seputar Muslim

Hikmah Peristiwa Isra Mi’raj

BIROMUSLIM — Isra Mi’raj merupakan salah satu peristiwa terpenting bagi umat Islam di seluruh dunia. Isra Mi’raj merupakan peristiwa yang dialami oleh Rasulullah SAW atas perintah dari Allah SWT.

Banyak hikmahj yang dapat dipetik oleh umat muslim dari peristiwa Isra Mi’raj, salah satunya adalah waktu terbaik untuk shalat.

Tentu saja, nabi Muhammad SAW dipanggil oleh Allah SWT memiliki tujuan. Salah satunya adalah turunnya perintah melaksanakan shalat lima waktu yang dilakukan dalam satu hari satu malam yang wajib bagi umat Islam.

Pengertian Isra Mi’raj

Sering kali Isra Mi’raj dianggap sebagai satu peristiwa yang terjadi pada waktu yang bersamaan, padahal Isra Miraj itu sendiri sebenarnya adalah dua peristiwa terpisah yang dialami oleh Rasulullah SAW.

Isra adalah peristiwa yang menceritakan perjalanan Rasulullah SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Dalam perjalanan ini, Rasulullah SAW menunggangi Buraq.

Mi’raj sendiri merupakan perjalanan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dari bumi menuju langit ketujuh dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha bertemu dengan Allah SWT untuk menerima perintah mendirikan shalat secara langsung. Perintah ini diberikan untuk Rasulullah SAW dan umatnya.

Hikmah Peristiwa Isra Mi’raj

Dilansir dari laman Sumbarkemenag, hikmah Isra Mi’raj yang salah satunya adalah waktu terbaik untuk sholat.

1. Kewajiban Shalat

Jika biasanya perintah Allah SWT kepada Rasulullah SAW disampaikan melalui Malaikat Jibril, tidak demikian halnya dengan shalat. Allah SWT secara pribadi memberitahu Rasulullah SAW tentang kewajiban doa ini.

Awalnya, Allah SWT meminta Rasulullah SAW untuk menjalankan shalat sebanyak 50 waktu siang dan malam. Karena dirasa 50 waktu ini akan menyulitkan umatnya, maka Rasulullah SAW meminta keringanan pada Allah SWT hingga menjadi 5 waktu.

2. Uji Iman

Tentu saja, perjalanan menuju Isra Mi’raj yang sangat panjang dan berakhir hanya dalam satu malam ini menuntut umat Islam untuk meyakini hal-hal ghaib.

Perjalanan yang seolah tak terbayangkan ini terjadi hanya karena kuasa Allah, sehingga dibutuhkan kacamata keimanan untuk meyakini peristiwa Isra Mi’raj yang luar biasa sebagai wujud kebesaran dan kekuasaan Allah SWT.

3. Waktu Terbaik untuk Berdoa

Waktu terbaik untuk berdoa adalah hikmah Isra Mi’raj yang bisa Anda dapatkan. Seperti yang kita tahu, malam hari adalah salah satu waktu terbaik untuk memanjatkan doa kita.

Tentu saja hal ini sangat perlu dimanfaatkan dengan baik dengan cara memperbanyak doa dan juga ibadah sunnah lainnya seperti shalat tahajud dan shalat witir.

Sebenarnya terkadang cukup sulit untuk beribadah dan berdoa di sepertiga malam terakhir, namun dengan janji yang agung ini bisa menjadi penyemangat bagi umat Islam.

4. Hikmah Dipilih Malam Hari

Perjalanan Rasulullah SAW ke langit ketujuh dilakukan pada malam hari. Ada hikmah di balik Allah SWT memilih malam hari untuk pelaksanaan Isra Mi’raj ini.

Malam bukan hanya waktu yang baik untuk berdoa tetapi juga waktu yang sangat istimewa yakni pada saat malam Lailatul Qadar yang merupakan malam terbaik seribu bulan.

Inilah hikmah dari peristiwa Isra Mi’raj yang dijalankan oleh Rasulullah SAW yang merupakan salah satu waktu terbaik untuk berdoa.

Baca juga : 5 Amalan Isra Mi’raj yang Dianjurkan

Exit mobile version