Site icon Info Seputar Muslim

5 Amalan Isra Mi’raj yang Dianjurkan

BIROMUSLIM Umat ​​Islam akan memperingati Isra Miraj 1143 Hijriah yang jatuh pada Senin (28/2) tahun ini. Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa terpenting bagi umat Islam. Isra Miraj merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW ke langit ketujuh untuk menerima perintah shalat dari Allah SWT.

Para ulama sepakat bahwa Isra Miraj terjadi pada periode terakhir kenabian di Mekkah sebelum Nabi SAW hijrah ke Madinah. Menurut Al-Allamah al-Manshurfur, peristiwa ini terjadi pada malam tanggal 27 Rajab tahun ke-10 kenabian.

Kisah perjalanan Nabi ke langit untuk menerima perintah shalat ini diriwayatkan dalam hadits Imam Muslim. Bagi umat Islam, Isra Miraj adalah salah satu peristiwa terpenting. Saat ini, shalat lima waktu adalah wajib. Berikut ini umat ​​Islam dapat melakukan beberapa amalan yang bisa dilakukan pada Isra Miraj.

Amalan Isra Miraj

Untuk memperingatinya, umat Muslim dapat melakukan beberapa amalan.

1. Perbanyak istighfar

Bulan Rajab dikenal sebagai bulan Istighfar. Di bulan ini, Allah SWT akan mengampuni sebanyak apapun dosa yang dilakukan umatnya. Salah satu amalan yang dianjurkan adalah membaca sayyidul istighfar pada pagi dan sore hari.

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِالنِّعْمَةِ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ قَالَ إِنْ قَالَهَا بَعْدَمَا يُصْبِحُ مُوقِنًا بِهَا ثُمَّ مَاتَ كَانَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ وَإِنْ قَالَهَا بَعْدَمَا يُمْسِي مُوقِنًا بِهَا ثُمَّ مَاتَ كَانَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ

Artinya :
“Ya Allah, Engkaulah Tuhanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau. Engkau sudah menciptakanku, dann aku adalah hamba-Mu. Aku akan berusaha selalu taat kepada-Mu, sekuat tenagaku Yaa Allah. Aku berlindung kepada-Mu, dari keburukan yang kuperbuat. Kuakui segala nikmat yang Engkau berikan padaku, dan kuakui pula keburukan-keburukan dan dosa-dosaku. Maka ampunilah aku ya Allah. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.”

2. Puasa

Beberapa pendapat menyatakan bahwa puasa Rajab memiliki ketetapan hukum sunah bila dilaksanakan sewaktu-waktu. Berikut bacaan niat puasa Rajab

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

3. Memperbanyak doa

Umat Islam juga bisa membaca doa Rajab menjelang Isra Miraj. Berikut bacaan doa rajab :

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Artinya :
“Ya Allah berilah kami keberkahan di bulan Rajab dan Syaban dan sampaikan kami pada bulan Ramadan.”

4. Zikir

Ada satu bacaan zikir yang pernah diajarkan Nabi Ibrahim untuk Nabi Muhammad SAW saat mengalami peristiwa Isra Miraj.

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Artinya:
“Tidak ada daya dalam menjauhi maksiat dan tidak ada upaya menjalankan ketaatan melainkan dengan pertolongan Allah SWT.”

5. Salat sunah

Salat sunah pada malam Isra Miraj boleh dilakukan setelah salat Magrib dan Isya. Umat Islam bisa melakukan salat sunah sebanyak 12 rakaat, yang dilaksanakan dengan salam setiap dua rakaat.

Niat salat sunah 12 rakaat

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Ushollii sunnatan rok’ataini lillahi ta’ala

Tata cara salah sunah 12 rakaat

– Baca surat Al-Fatihah dan surat-surat pendek Al-Qur’an lainnya pada setiap rakaat;
– Lakukan salam setiap dua rakaat;
– Setelah salam, baca kalimat tasbih berikut:

سبحان الله والحمد لله ولا اله الا الله والله اكبر

Subhaanallah walhamdu lillah walaa ilaaha illallah wallaahu akbar;

– Baca kalimat istighfar;
– Baca salawat berikut 100 kali

اللهم صل وسلم على سيدنا محمد

Allohumma sholli wa sallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin.

Baca juga : 4 Fakta dan Keutamaan Malam Nisfu Sya’ban

Exit mobile version