Site icon Info Seputar Muslim

4 Fakta dan Keutamaan Malam Nisfu Sya’ban

BIROMUSLIM – Tidak lama lagi, bulan Ramadhan akan segera tiba. Umat Islam akan menyambut malam Nisfu Sya’ban dalam waktu dekat. Nisfu Sya’ban tahun ini diperkirakan jatuh pada tanggal 7-8 Maret 2023.

Pada malam Nisfu Sya’ban, umat Islam percaya bahwa ini adalah waktu terbaik untuk melakukan segala macam bentuk ibadah.

Karena diyakini bahwa pahala yang diperoleh saat malam Nisfu Sya’ban akan berlipat ganda. Ada beberapa fakta menarik tentang kedatangan malam Nisfu Sya’ban.

Untuk mengetahui fakta dan keutamaan malam Nisfu Sya’ban yuk mari di simak sebagai berikut :

1. Sya’ban Bulan Penuh Berkah

Pasalnya, Sya’ban adalah salah satu bulan istimewa dalam penanggalan Hijriah.

Sya’ban merupakan bulan yang dimuliakan dalam Islam karena memiliki keistimewaan dari awal hingga akhir bulan. Namun, ada keistimewaan yang lebih, terutama pada malam Nisfu Sya’ban, yaitu malam ke-15 di tengah bulan Sya’ban.

Berkah Sya’ban dijelaskan dalam hadist Mu’az bin Jabal Radhiallahu ‘anhu, yaitu :

“Allah mendatangi semua makhlukNya dan memberikan ampunan kepada mereka atas segala dosa kecuali orang yang menyekutukan Allah dan orang yang saling bermusuhan” (HR. Ibnu Majah, at-Thabrani dan Ibnu Hibban).

2. Keutamaan Malam Nisfu Syaban

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib, Nabi bersabda “Malam nisfu sya’ban, maka hidupkanlah dengan salat dan puasalah pada siang harinya, sesungguhnya Allah turun ke langit dunia pada malam itu, lalu Allah bersabda :

“Orang yang meminta ampunan akan Aku ampuni, orang yang meminta rizqi akan Aku beri dia rizqi, orang-orang yang mendapatkan cobaan maka aku bebaskan, hingga fajar menyingsing.” (H.R. Ibnu Majah dengan sanad lemah)..

Pada malam ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, berbuat amal kebaikan dan memohon ampunan atas dosa semasa hidupnya.

Keutamaan serta keistimewaan pada malam Nisfu Sya’ban hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

3. Amalan Malam Nisfu Syaban

Sebagai malam yang penuh berkah serta rahmat dari Allah SWT, saat melaksanakan ibadah pada malam Nisfu Syaban, umat Muslim dianjurkan berdoa.

Doa yang dipanjatkan bertujuan untuk memohon panjang umur, murah rezeki, husnul khatimah, dan keteguhan iman dan taqwa. Selain itu, dianjurkan pula membaca surat Yasin sebanyak tiga kali pada setiap sela-sela doa Nisfu Sya’ban.

4. Momentum Menyambut Ramadan

Selain sebagai kesempatan untuk meningkatkan ibadah, kehadiran Nisfu Sya’ban juga bisa dijadikan sebagai momentum untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Bersamaan dengan ibadah malam Nisfu Sya’ban, umat Islam dianjurkan untuk mulai mempersiapkan diri menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Nah menarik bukan? Setelah mengetahui fakta dan keutamaan malam Nisfu Sya’ban, ada satu hal lagi yang perlu kita ketahui dan lakukan. Biasanya pada malam Nisfu Sya’ban dianjurkan amalan lain yaitu shalat taubat.

Baca juga : 40 Hari Lagi Menuju Puasa Ramadhan 1444 H

Exit mobile version