Site icon Info Seputar Muslim

5 Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2023

Ilustrasi.

Ilustrasi.

BIROMUSLIM – Umat ​​Islam di seluruh dunia sebentar lagi akan menyambut Ramadhan 2023.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Umat ​​muslim berpuasa selama Ramadhan dan mengerjakan amal-amal kebajikan untuk mendapatkan pahala sebanyak mungkin.

Oleh karena itu, sangat disayangkan apabila umat muslim melewatkan atau tidak mengamalkan amalan-amalan kebajikan.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan banyak kemuliaan. Oleh karena itu, pada bulan Ramadhan banyak persiapan yang bisa dilakukan oleh umat muslim.

Lantas, hal apa saja yang harus kita persiapkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan 2023? Yuk simak sebagai berikut :

1. Perbanyak ibadah

Pahala ibadah di bulan Ramadhan dilipat gandakan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang baik untuk melakukan ibadah, sehingga ini kesempatan emas untuk beribadah dan tidak di sia-siakan.

2. Perbanyak Ilmu

Memperlajari tentang ibadah selama bulan Ramadhan sangatlah penting.

Hal ini penting karena tanpa ilmu seseorang bisa melakukan ibadah asal-asalan hingga ibadah tidak diterima karena salah dalam melaksanakannya.

Perbanyak ilmu di bulan Ramadhan. Terlebih ilmu terkait ibadah di bulan suci Ramadhan ini.

3. Bangun Lebih Awal

Sebelum mulai berpuasa, setiap orang perlu makan sahur. Ini bertujuan dari bangun lebih awal untuk membiasakan diri saat bulan puasa tiba.

Meski bangun lebih awal, waktu tidur kita tidak boleh kurang. Kurang tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan dan mudah sakit.

4. Siapkan Jiwa dan Raga

Umat ​​Islam perlu mempersiapkan jiwa dan raganya dalam menyambut Ramadhan.

Rasulullah dan para sahabat memperbanyak puasa dan bersedekah pada bulan Sya’ban sebagai latihan menyambut datangnya Ramadhan.

5. Lunasi Hutang Puasa Tahun Lalu

Puasa di bulan Ramadhan tidak diwajibkan bagi orang muslim yang memiliki halangan. Misalnya yang sedang sakit, bepergian jauh, atau sedang haid. Tapi mereka harus menggantinya.

Jika seseorang merasa dirinya termasuk yang berhalangan dan memiliki hutang puasa di tahun sebelumnya, pastikan semuanya dibayarkan. 

Baca juga : DMI Sulteng Sediakan Paket Buka Puasa Gratis

Exit mobile version