Site icon Info Seputar Muslim

Peringatan 1 Abad NU Diharapkan Suasana Kondusif

Perayaan 1 Abad Nahdlatul Ulama, Nahdliyin Telah Penuhi Gelora Delta Sidoarjo

Perayaan 1 Abad Nahdlatul Ulama, Nahdliyin Telah Penuhi Gelora Delta Sidoarjo

BIROMUSLIM – Juru Bicara Puncak Resepsi 1 Abad NU, Rahmat Hidayat Pulungan mengatakan, acara Harlah ke-100 Nahdlatul Ulama (NU) ini merupakan momen kebahagiaan bagi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat dan nahdliyin yang mengikuti acara tersebut untuk bersama-sama menjaganya.

“Hari ini adalah hari kebahagiaan untuk seluruh rakyat indonesia. Tepat 100 tahun NU,” kata Rahmat dalam keterangan tertulis, Selasa (7/2/2023).

Rahmat mengatakan, acara yang digelar sejak Senin (6/2) hingga Selasa (7/2) di Stadion Delta Sidoarjo, Jawa Timur, merupakan silaturahmi struktural, spiritual, dan kultural. Semua warga NU diminta menghindari hal-hal yang tidak perlu.

“Kita minta kepada semua warga nahdliyyin yang hadir di Sidoarjo untuk menjaga hari kebahagiaan ini dengan pikiran dan tindakan yang baik selama acara berlangsung,” kata Wakil Sekjen PBNU ini.

“Kita perkuat kebersamaan dan solidaritas. Kita jaga suasana yang kondusif dengan khidmat,” lanjutnya.

Baca juga: Kerukunan Umat Beragama Indonesia Jadi Sorotan Dunia

Puncak resepsi 1 abad NU digelar selama 24 jam non stop dimulai pukul 00.00 hingga 23.59 WIB, yang terbagi dalam beberapa sesi.

Pertama, sesi ritual keagamaan NU, mulai dari istighosah, zikir, shalat subuh berjamaah hingga sholawat, yang akan dimulai pada pukul 00.00-07.30 WIB.

Kedua, sesi resepsi yang dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo bersama para menteri kabinet Indonesia Maju dan para ulama Islam sedunia pada pukul 07.00-11.00 WIB.

Sesi ini akan diisi dengan pembacaan puisi oleh KH Zawawi Imron dan tabuhan bedug digital sebagai pertanda peralihan ke abad kedua NU. 

Ketiga, sesi Karnaval Nusantara, dilanjutkan dengan penampilan kolosal ribuan Banser, dilanjutkan dengan tarian sufi dan tarian-tarian Nusantara, dimulai dari alun-alun Sidoarjo dan berakhir di Parkir Timur Stadion Gelora Delta. Sesi ini akan dilaksanakan pada pukul 14.00-17.30. WIB.

Keempat, sesi panggung hiburan rakyat di dalam Stadion Gelora Delta yang akan diisi oleh penampilan, antara lain adalah Penyanyi berdarah Lebanon Maher Zain, Grup Band Slank, dan Rhoma Irama. Sesi ini dilangsungkan pukul 18.00-23.00 WIB.

Diketahui, jutaan warga Nahdliyyin mengikuti rangkaian puncak resepsi 1 abad NU. Presiden Joko Widodo dan pejabat lainnya juga turut hadir memeriahkan momen penting bagi warga NU ini.

Selain Nahdliyin, warga sekitar juga turut bergembira menyambut peringatan 100 tahun NU. Bahkan warga setempat yang rumahnya sekitar lokasi acara dikabarkan menyiapkan makanan gratis untuk pengunjung di luar stadion.

Baca juga: Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari biromuslim.com. Untuk kerjasama lainya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version