Site icon Info Seputar Muslim

Iman Sedang Lemah, Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Iman Sedang Lemah, Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Iman Sedang Lemah, Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Ketika iman seseorang lemah, maka dengan mudah menjadi target bisikan setan. Bagaimana cara meningkatkannya iman yang sedang lemah??

BIROMUSLIM – Keimanan seseorang terkadang dapat berubah-ubah. Iman kadang bisa naik dan kadang bisa kurang. Sudah menjadi kewajiban setiap muslim untuk mengetahui kapan keadaan iman mereka lemah dan segera melakukan sesuatu tindakan untuk meningkatkan iman mereka.

Pertanda baik adalah orang yang menyadari bahwa imannya melemah dan mencari nasihat tentang cara memulihkan dan meningkatkannya. Hal ini menunjukkan bahwa seseorang siap melakukan apa saja untuk mendapatkan dan menaikkan kembali kadar keimanannya.

Melewatkan shalat wajib dan tidak rutin membaca Al-Qur’an bisa menjadi tanda lemahnya iman. Melakukan hal ini terus-menerus hanya akan melemahkan iman dan mempersulit diri untuk kembali ke jalan kebenaran.

Ketika iman lemah, seseorang dapat dengan mudah menjadi target bisikan setan. Hal ini disebabkan lemahnya hubungan orang tersebut dengan Allah SWT. Karena itu sangat penting untuk meningkatkan iman seseorang dalam keadaan seperti itu.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh setiap muslim untuk meningkatkan imannya. Dan akan lebih mudah untuk melakukannya satu per satu, sehingga tidak terlalu membebani diri sendiri.

Baca juga : Keistimewaan Sedekah Subuh Menurut Ulama

Untuk meningkatkan kadar keimanan seseorang, seseorang dapat merenungkan dan memikirkan kembali tentang shalatnya. Karena ini adalah salah satu kewajiban setiap muslim.

Allah SWT berfirman :

Artinya : Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku. (QS. Taha ayat 14)

Allah SWT juga berfirman:

Artinya : Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri (dengan beriman) (14) dan dia ingat nama Tuhannya, lalu dia sembahyang (15). (QS. Al Ala ayat 14 dan 15)

Untuk itu, seorang muslim yang berusaha untuk memperbaiki sholatnya agar tepat waktu dapat mulai menyetel alarm waktu sholat. Atur alarm kedua atau bahkan ketiga.

Bertanya pada diri tentang mengapa melakukan sholat akan meningkatkan memotivasi diri dalam beribadah. Karena shalat adalah kewajiban yang menjadi tanggung jawab seorang hamba. Seseorang dapat memulainya dengan mencari perlindungan Allah dari godaan setan, sehingga setan tidak dapat mempengaruhinya untuk meninggalkan shalat.

Baca juga : 3 Doa Qunut yang Dibacakan saat Sholat Subuh

Exit mobile version