Site icon Info Seputar Muslim

Doa Ketika Hujan Disertai Angin : Arab, Latin dan Terjemahan

BIROMUSLIM.COM – Dalam Islam kita dianjurkan untuk berdoa untuk keselamatan ketika cuaca ekstrim terjadi.

Berikut ini doa ketika hujan lebat dan angin kencang :

Doa yang Dibaca Ketika Hujan Lebat

Pada beberapa riwayat disebutkan bahwa Rasulullah SAW selalu membaca doa setiap terjadi hujan lebat. Mengutip dari buku Kamus Praktis Muslim dari A Sampai Z yang disusun oleh Abdullah bin Ahmad Al-Allaf Al-Ghamidi, berikut merupakan doa yang bisa dipanjatkan:

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Latin: Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: “Ya Allah turunkanlah hujan di sekitar kami saja dan tidak membahayakan kami. Ya Allah turunkanlah di atas bukit-bukit, dataran tinggi, jurang-jurang yang dalam serta pada tempat-tempat tumbuhnya pepohonan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Mengutip dari NU Online, Imam Abu Bakr al-Thuthusyi al-Andalusia (450-520 H) meriwayatkan dalam kitabnya dengan judul al-Du’a al-Ma’tsûr wa Âdâbuhu wa Mâ Yajibu ‘alâ al-Dâ’î Ityâ’nuhu wa Ijtinâbuhu bahwa Rasulullah SAW bergegas meninggalkan pekerjaannya saat melihat awan mendung yang tebal. Lalu, beliau membaca doa sebagai berikut:

اللهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا

Latin: Allahumma innî a’ûdzu bika min syarrihâ

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari keburukan awan ini.”

Setelah itu, ketika hujan turun Rasulullah SAW membaca doa lain yang bunyinya:

اللهُمَّ صَيِّبًا هَنِيْئًا

Latin: Allahumma shayyiban nâfi’an

Artinya: “Ya Allah turunkanlah hujan yang membawa manfaat dan kesenangan.”

Baca Juga : Doa Akhir dan Awal Tahun : Arab, Latin dan Terjemahan

Doa yang Dibaca Ketika Angin Kencang

Rasulullah SAW juga menganjurkan umatnya untuk membaca doa ketika melihat angin kencang. Berikut ini doa yang perlu dibaca saat angin berhembus dengan kuat.

Rasulullah SAW juga menganjurkan umatnya untuk membaca doa ketika melihat angin kencang. Berikut ini doa yang perlu dibaca saat angin berhembus dengan kuat.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ، اَللَّهُمَّ اجْعَلْهَا رَحْمَةً وَلَا تَجْعَلْهَا عَذَابًا، اَللَّهُمَّ اجْعَلْهَا رِيَاحًا وَلَا تَجْعَلْهَا ضَرُوْرَةً.

Latin: Allâhumma innî as’aluka khairahâ wa khairamâ fîhâ wa khairamâ ursilat bih, wa a’ûdzubika min syarrihâ wa syarrimâ fîhâ wa syarrimâ ursilat bih. Allâhummaj’alhâ rahmatan wa lâ taj’alhâ ‘adzâban. Allâhummaj’alhâ riyâhan wa lâ taj’alhâ dharûratan.

Artinya: “Wahai Tuhanku, aku minta kepada-Mu kebaikan ini angin, kebaikan barang yang ada di dalamnya, dan kebaikan barang yang diutus melaluinya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan ini angin, kejahatan barang yang ada di dalamnya, dan kejahatan barang yang diutus melaluinya. Wahai Tuhanku, jadikan ini sebagai angin rahmat dan jangan jadikan ini sebagai angin siksa. Wahai Tuhanku, jadikan ini sebagai angin manfaat dan jangan jadikan ini sebagai angin bahaya,”

Baca Juga : Amalan dan Doa Saat Terjadi Gerhana Matahari

Exit mobile version