Site icon Info Seputar Muslim

MUI Ajak Umat Muhasabah di Akhir Tahun 2022

BIROMUSLIM.COM – Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui Komisi Dakwah akan menggelar Muhasabah dan Istighatsah akhir tahun 2022 di Masjid Istiqlal pada Selasa (20/12/2022) malam. MUI mengajak semua kalangan untuk melakukan muhasabah atau introspeksi diri di akhir tahun.

Ketua Komisi Dakwah MUI KH Ahmad Zubaidi mengatakan, komisi dakwah telah menjadikan agenda muhasabah dan istighatsah di akhir tahun sebagai tradisi. Melalui muhasabah dan istighatsah ini, MUI mengajak umat untuk introspeksi apa yang telah dilakukan sepanjang tahun 2022.

“Tentu muhasabah, introspeksi, disertai dengan pengakuan bahwa kita banyak melakukan kesalahan dan dosa terhadap Allah SWT, dan semoga Allah mengampuni kita atas kesalahan dan dosa kita.” kata Kiai Zubaidi kepada Republika.co.id, Senin (19/12/2022)

Ketua Komisi Dakwah MUI mengatakan, semua berharap tahun 2023 akan lebih baik, dengan kehidupan yang lebih sejahtera dan terhindar dari bencana. sebagaimana diketahui bahwa di tahun 2022 banyak terjadi musibah di Indonesia. Mulai dari dengan angin puting beliung, banjir, gempa bumi, dan lainnya.

Baca Juga : MUI Jember Keluarkan Fatwa Joget Pargoy Haram

Untuk itu, setiap orang perlu banyak melakukan muhasabah atau introspeksi diri. Semoga melalui muhasabah dan istighatsah di penghujung tahun 2022, tidak ada bencana yang melanda masyarakat Indonesia di tahun mendatang.

“Kita berharap melalui muhasabah dan istighatsah ini, kita melakukan perbaikan dan melakukan permohonan kepada Allah, agar di kehidupan yang akan datang kita bisa lebih baik lagi, baik dalam perkara dunia kita maupun urusan akhirat kita,” ujar Kiai Zubaidi.

Komisi Dakwah MUI menyampaikan tokoh-tokoh yang akan membersamai Muhasabah dan Istighosah Akhir Tahun 2022 di antaranya Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Wakil Ketua Umum MUI KH Marsudi Syuhud, Sekjen MUI Buya Amirsyah Tambunan, Ketua MUI KH Muhammad Cholil Nafis, Wakil Sekjen MUI KH Arif Fahrudin, Ketua Komisi Dakwah MUI KH Ahmad Zubaidi, Wakil Ketua Komisi Dakwah MUI Habib Nabil Al-Musawwa.

Baca Juga : MUI : Bedakan Bencana Alam Murni dan Bencana Karena Azab

sumber : republika

Exit mobile version