Site icon Info Seputar Muslim

Menag Optimis Tahun 2024 Indonesia No 1 Produsen Halal Dunia

BIROMUSLIM.COM – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas optimis Indonesia akan menjadi produsen produk halal nomor satu di dunia pada 2024.

Hal ini disampaikan Gus Men, panggilan akrabnya, saat memberikan arahan sekaligus membuka Festival Halal Indonesia (FHI), di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (14/12/2022).

“Saya optimis dengan perkembangan industri halal di Indonesia. Target 10 juta produk bersertifikat halal akan tercapai pada tahun 2024,” kata Gus Men.

“Ini menjadi tantangan BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) untuk mencapai tujuan tersebut yang akan tercapai pada tahun 2024. Dengan demikian, ekosistem industri halal akan berkembang dengan baik untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia,” lanjutnya.

Baca Juga : Kemenag Masuk Best Starter Harmonis Survei Indeks Ber-AKHLAK

Gus Men mengatakan capaian yang sudah diraih BPJPH harus terus ditingkatkan dan didorong melalui transformasi digital. Ini akan membantu mencapai target 10 juta produk bersertifikat halal pada tahun 2024.

“Kepala BPJPH harus bisa melihat kendala yang menghambat untuk mencapai target itu. Halal itu menyangkut tiga hal yakni, pemasok (Suplay), demand (pemintaan), dan pendukung. Nah, dalam hal ini, salahsatu pendukungnya adalah BPJPH,” tandas Gus Menteri.

“Kita tunggu inovasi-inovasi baru dari BPJPH. Selamat ulang tahun yang ke-5 untuk BPJPH. Semoga apa yang telah dicapai BPJPH dapat semakin menggugah semangat untuk membuat terobosan-terobosan baru di tahun-tahun mendatang,” kata Menteri Gus.

Muhammad Aqil Ihram, Kepala BPJPH, mengatakan tercatat sebanyak 864.014 produk telah tersertifiksi halal antaradalam kurun waktu 2019-2022, rata-rata hampir 300.000 produk tersertifiksi halal per tahun.

Baca Juga : Kemenag Raih Tiga Penghargaan di Ajang Tempo Ministry Award 2022

“Berbagai upaya telah kami lakukan untuk meningkatkan pencapaian sertifikasi halal. Hal ini dilakukan demi tercapainya cita-cita agar Indonesia menjadi produsen produk halal nomor satu dunia pada tahun 2024,” kata Muhammad Aqil Ihram.

Muhammad Aqil Ihram menjelaskan bahwa FHI yang berlangsung dari tanggal 14 hingga 16 Desember ini diisi dengan berbagai kegiatan antara lain pendaftaran Sertifikat Halal (SEHATI) gratis langsung di booth BPJPH, launching konsorsium laboratorium halal, halal Indonesia award 2022, halal talkshow, pameran produk halal, dan lain-lain.

Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi menyampaikan apresiasi kepada Kepala BPPJH dan jajaran atas inisiasi festival halal hari ini.

“Digitalisasi menjadi hal yang krusial terhadap sertifikasi halal. Komisi VIII sebagai mitra Kementerian Agama, sangat mensupport program-program BPJPH,” kata Ashabul Kahfi.

Tampak hadir, Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, staf khusus dan staf ahli Menteri Agama, pejabat eselon I, II Kementerian Agama, dan para Dubes perwakilan negara sahabat.

Baca Juga : Ditemukan Lagi Al-Qur’an Salah Cetak, Begini Tanggapan Kemenag

Exit mobile version