Site icon Info Seputar Muslim

Kemenag Masuk Best Starter Harmonis Survei Indeks Ber-AKHLAK

Sertifikat penghargaan BerAKHLAK dari Kemenpan-RB Sumber : Kemenag

BIROMUSLIM.COM – Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) hari ini mengumumkan hasil survei Indeks berAKHLAK. Sementara itu, beberapa kementerian dan lembaga menerima penghargaan sesuai kategori yang ditentukan.

“Alhamdulillah, hasil survey berAKHLAK yang dilakukan Kemenpan-RB, Kemenag masuk dalam kategori Best Starter Harmonis,” jelas Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenag di Jakarta, Selasa (13/12/2022).

BerAKHLAK adalah singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif. Core Values ASN berfungsi sebagai pedoman untuk berpikir, berstruktur, dan berperilaku. Sedangkan employer branding ASN yaitu bangga melayani bangsa.

Survei Budaya Kerja 2022 ini merupakan yang pertama dilakukan di Indonesia. Survei ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan budaya organisasi, antara lain mengenai implementasi Core Values BerAKHLAK, keselarasan antara nilai-nilai pribadi dan organisasi, serta aspirasi pegawai ASN terhadap kondisi budaya kerja yang ideal.

Baca Juga : Kemenag Raih Tiga Penghargaan di Ajang Tempo Ministry Award 2022

“Dengan skor indeks 70,4, budaya kinerja di Kementerian Agama dinilai cukup sehat,” kata Nuruddin.

Sebagai Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Agama, Nurudin berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan kualitas implementasi Core Values BerAKHLAK. Sejumlah upaya pembinaan terus dilakukan, mulai dari penegakkan disiplin pegawai, pemberian reward and punishment, serta peningkatan kualitas SDM.

“Kami bersinergi dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) dan kampus Perguruan Tinggi Keagamaan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM),” ujarnya.

“Kemenag juga akan segera memeliki Gedung Pusat Penilaian Kompetensi yang diharapkan akan dioptimalkan sebagai sarana pemetaan kompetensi ASN agar dapat melakukan kerja-kerja layanan secara lebih maksimal,” tandasnya.

Baca Juga : Kemenag Beri 500 Penghargaan bagi Guru di Hari Guru Nasional 2022

Exit mobile version