Site icon Info Seputar Muslim

Ditemukan Lagi Al-Qur’an Salah Cetak, Begini Tanggapan Kemenag

Kementerian Agama (Kemenag) menanggapi adanya lembaran mushaf Alquran yang mengalami kesalahan cetak dan beredar di media sosial. (Sumber: Kemenag)

Biromuslim – Kementerian Agama (Kemenag) RI menjelaskan, pihaknya masih menerima informasi kesalahan ketik mushaf Al-Quran yang diterbitkan Badan Wakaf Al-Quran (BWA). Kementerian Agama mengatakan telah mengambil tindakan untuk memperingatkan penerbit dan menarik kesalahan cetak tersebut.

Di situs resmi Kementerian Agama, salah ketik ayat tersebut dikabarkan kembali beredar di media sosial. Seorang pengunggah melaporkan kesalahan pencetakan. Kesalahan tersebut terdapat pada ayat 8 Surat Al-Kahfi, yaitu kata lajaa’iluuna ditulis lajaahiluuna.

“Pak Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas ini ada Al Qur’an cetakan Kemenag RI, salah cetak di Surat Al Kahfi ayat 8. Huruf ع diganti ه. Saya tanyakan kepada para kiai, betul bahwa telah terjadi kesalahan cetak. Mohon perhatian panjenengan,” bunyi pengunggah yang dikutip dari laman Kemenag RI, Minggu (11/12/2022).

Menurut Kementerian Agama, kesalahan ketik pada ayat tersebut sudah tiga kali beredar di media sosial. Dikatakan mushaf tersebut tidak melalui proses pentashihan LPMQ (Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an).

Baca Juga : Kemenag Resmikan Kampung Zakat di Kepulauan Meranti

“Mushaf tersebut belum melalui proses pentashihan di LPMQ. Tanda Tashih yang tercantum dalam mushaf tersebut adalah Surat Tanda Tashih untuk Mushaf Ar-Rahman milik penerbit Mulia Abadi Bekasi”, lanjutnya berdasarkan siaran pers Kemenag (13/4/2022).

LPMQ disebut telah mengeluarkan teguran dan peringatan berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 44 Tahun 2016 tentang Penerbitan, Pentashihan dan Pengedaran Mushaf Al-Qur’an. LPMQ juga meminta penerbit Mulia Abadi Bekasi untuk melakukan penarikan.

“Sesuai dengan kewenangannya telah menyampaikan teguran dan peringatan serta memerintahkan untuk melakukan penarikan dan melarang mushaf tersebut untuk diedarkan,” bunyi keterangan itu.

“Jika masyarakat masih menemukan mushaf Al-Qur’an yang terdapat kesalahan tersebut, agar segera melaporkannya kepada LPMQ dan mengirimkan mushaf tersebut kepada penerbit Mulia Abadi yang beralamat di Jalan Mughni Raya, No. 107, Jatimekar, Jatiasih, Bekasi, Telepon (021) 84904159, WA 0811165370, e-mail: penerbitmuliaabadi@gmail.com, untuk diganti dengan mushaf Al-Qur’an yang sudah benar,” tutupnya.

Baca Juga : Kemenag Beri 500 Penghargaan bagi Guru di Hari Guru Nasional 2022

sumber : news.detik

Exit mobile version