Site icon Info Seputar Muslim

Amalan dan Doa Saat Terjadi Gerhana Matahari

Biromuslim – Amalan gerhana matahari perlu diketahui setiap muslim. Gerhana merupakan fenomena astronomi yang terjadi apabila sebuah benda di angkasa bergerak ke dalam bayangan sebuah benda angkasa lain. Adapun gerhana yang pernah terjadi di Bumi adalah gerhana bulan dan gerhana matahari.

Saat melihat gerhana matahari, umat muslim dianjurkan untuk mengerjakan salat sunnah dan melakukan beberapa amalan.

Amalan saat gerhana matahari

Berikut ini ada beberapa amalan yang juga bisa dilakukan umat Islam. Melansir NU Online, selain melaksanakan salat gerhana, ada beberapa amalan gerhana matahari yang memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

  1. Mengerjakan shalat gerhana
  2. Bersedekah
  3. Mengerjakan kebaikan
  4. Tobat dari maksiat
  5. Memperbanyak doa, istighfar dan zikir

Baca Juga : Tata Cara Sholat Gerhana Lengkap

Melansir dari NU Online, mayoritas ulama menyatakan hukum menjalankan sholat gerhana adalah sunnah muakkad. Pendapat ini didasarkan pada salah satu surah Al-Qur’an, yang artinya:

“Sebagian tanda-tanda kebesaran-Nya ialah malam, siang, matahari, dan bulan. Jangan kalian bersujud pada matahari dan jangan (pula) pada bulan, tetapi bersujudlah kalian kepada Allah yang menciptakan semua itu, jika kamu hanya menyembah-Nya,” (QS Fushilat [41]: 37).

Doa Gerhana Matahari


Setelah mengerjakan salat gerhana matahari, umat muslim juga dianjurkan untuk membaca doa. Adapun bacaan doa gerhana matahari yang bisa dibaca umat muslim adalah seperti berikut:

Subhanallah, walhamdulillah, wa laa ilaaha illallaahu Allahu Akbar.

Artinya: “Maha suci Allah. Segala puji bagi Allah. Tiada Tuhan, melainkan Allah. Allahlah Yang Maha Besar.”

Baca Juga : Amalan dan Doa saat Terjadi Gerhana Bulan

Exit mobile version