Site icon Info Seputar Muslim

Ayat Suci Al Quran Jadi “Fondasi” Piala Dunia 2022

Morgan Freeman dan Ghanim Al Muftah menjadi Narator Pembukaan Piala Dunia 2022

Morgan Freeman dan Ghanim Al Muftah

BIROMUSLIM – Piala Dunia 2022 Qatar resmi digelar. Dalam upacara pembukaan, lantunan ayat suci Al Quran tentang keberagaman manusia seperti jadi fondasi Piala Dunia kali ini.

Piala Dunia Qatar 2022 dimulai pada Minggu malam (20/11) di Stadion Al Bayt di Al Khor. Stadion berkapasitas 60.000 tempat duduk itu penuh dalam upacara pembukaannya.

Lantunan lagu-lagu Timur Tengah membuka acaranya. Morgan Freeman dan penyandang disabilitas Ghanim Muftah yang menjadi narator.

Mereka berdua berbicara tentang keragaman manusia dari berbagai budaya di belahan dunia. Morgan Freeman mulanya tampak seperti kebingungan ketika mendaratkan kakinya di Qatar, di dunia yang baru baginya.

“Saya mendengar suara yang indah. Bukan hanya musiknya, tapi juga perayaan ini. Semuanya sangat baru,” katanya.

Saat itulah, Ghanim masuk dan kemudian melantunkan potongan ayat suci Al Quran surat Al-Hujurat ayat ke-13 dengan indah.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَٰكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَٰكُمْ شُعُوبًا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓا۟ ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ ٱللَّهِ أَتْقَىٰكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Bacaan Latin : Yā ayyuhan-nāsu innā khalaqnākum min żakariw wa unṡā wa ja’alnākum syu’ụbaw wa qabā`ila lita’ārafụ, inna akramakum ‘indallāhi atqākum, innallāha ‘alīmun khabīr

Artinya: Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan. Kemudian, Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Mahateliti.

Menurut Tafsir Tahlili dalam Qur’an Kementerian Agama (Kemenag), surat Al Hujurat ayat 13 hendak menjelaskan tujuan perbedaan penciptaan manusia mulai dari jenis kelamin, suku, bangsa, hingga warna kulit untuk saling mengenal dan tolong menolong

Ayat ini juga untuk mengingatkan bahwa tidak ada satupun yang istimewa di antara penciptaan Allah SWT tersebut selain mereka adalah orang-orang yang bertakwa. Hal ini sekaligus menjadi bantahan untuk mereka yang masih memandang kemuliaan manusia berdasarkan bangsa dan hartanya.

“Ini adalah undangan kepada dunia dan semua orang di sini,” kata Morgan Freeman.

“Alih-alih melihat sisi lain, kita mengabaikannya dan menuntut sisi kami sendiri, dan sekarang dunia terasa semakin jauh dan terbagi. Bagaimana bisa begitu banyak negara, bahasa, dan budaya bersatu jika hanya terus melihatnya dari satu sisi,” sambungnya.

Tamim bin Hamad Al Thani sang Emir Qatar alias pemimpin Qatar mengucapkan selamat datang kepada peserta Piala Dunia 2022 saat upacara pembukaan. Baginya, Piala Dunia ini adalah perayaan keberagaman manusia.

“Betapa indahnya orang mengesampingkan perbedaan mereka dan merayakan keragaman,” lanjutnya.

“Semoga turnamen ini penuh dengan hari-hari kebaikan dan harapan yang menginspirasi, dan menyambut semua orang dari berbagai belahan dunia,” tutupnya.

Baca Juga : Kesalahan Besar Saifudin Ibrahim Soal Hapus Ayat Alquran

Sumber : sport.detik.com

Exit mobile version