Site icon Info Seputar Muslim

Amalan dan Doa saat Terjadi Gerhana Bulan

Amalan dan Doa saat Terjadi Gerhana Bulan

Amalan dan Doa saat Terjadi Gerhana Bulan

Gerhana bulan total akan terjadi pada Selasa (8/11) hari ini. Momen ini menjadi gerhana bulan terakhir di tahun 2022.

Saat gerhana muncul, umat Islam dianjurkan melaksanakan shalat gerhana, melakukan sejumlah amalan, dan memanjatkan doa.

Fenomena ini menjadi salah satu kejadian alam yang langka dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

Amalan saat gerhana bulan

Berikut ini ada beberapa amalan yang juga bisa dilakukan umat Islam. Melansir NU Online, selain melaksanakan salat gerhana, berikut amalan yang dapat dilakukan:

  1. Bersedekah,
  2. Taubat dari maksiat,
  3. Mengerjakan kebaikan,
  4. Berhati-hati dan tidak lalai.
  5. Memperbanyak doa, istighfar, dan berzikir.

Amalan-amalan tersebut juga disebutkan dalam berbagai hadits terkait gerhana. Salah satunya hadits mengenai anjuran melaksanakan salat sekaligus berdoa saat gerhana muncul.

Salat sunah gerhana juga termasuk dalam sunnah muakkad. Artinya, salat tersebut lebih baik jika dikerjakan secara berjamaah.

و) القسم الثاني من النفل ذي السبب المتقدم وهو ما تسن فيه الجماعة صلاة (الكسوفين) أي صلاة كسوف الشمس وصلاة خسوف القمر وهي سنة مؤكدة

Artinya:
Jenis kedua adalah shalat sunnah karena suatu sebab terdahulu, yaitu shalat sunah yang dianjurkan untuk dikerjakan secara berjamaah yaitu shalat dua gerhana, shalat gerhana matahari dan shalat gerhana bulan. Ini adalah shalat sunah yang sangat dianjurkan. (Lihat: Syekh Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, Bandung, Al-Maarif)

Doa saat gerhana bulan

Selain itu, umat Islam juga bisa memanjatkan doa saat terjadi gerhana bulan. Doa bisa dilafalkan saat melaksanakan salat sunah gerhana bulan.

إنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لَا يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلَا لِحَيَاتِهِ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَصَلُّوا وَادْعُوا حَتَّى يَنْكَشِفَ مَا بِكُمْ

Artinya:
“Sungguh matahari dan bulan adalah tanda kekuasaan Allah SWT, tidak terjadi gerhana keduanya (matahari dan bulan) karena kematian seseorang ataupun kehidupannya. Apabila kalian melihat gerhana, maka shalat dan doalah hingga gerhana tersebut selesai.”

Sumber: CNNIndonesia

Baca juga: Mitos Gerhana Bulan Bahayakan Ibu Hamil, Begini Penjelasan MUI Sulsel

Exit mobile version