Site icon Info Seputar Muslim

Keistimewaan Sedekah Subuh Menurut Ulama

Keistimewaan Sedekah Subuh Menurut Ulama

Keistimewaan Sedekah Subuh Menurut Ulama

BIROMUSLIM – Sedekah adalah perbuatan mulia. Allah SWT akan memuliakan orang-orang yang gemar bersedekah. Dalam surah Al-Baqarah ayat 261, Allah SWT menjanjikan kepada orang yang gemar bersedekah akan melipat gandakan pahalanya.

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.” (Terjemahan QS Al-Baqarah:261)

Orang yang bersedekah tidak perlu khawatir. Karena Allah SWT akan mengganti rezekinya sebagaimana firman-Nya dalam surah Saba’ ayat 39.

“Katakanlah, “Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.” Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik.” (Terjemahan QS Saba’ :39)

Dalam sabdanya, Rasulullah SAW mengajak umatnya untuk bersedekah. “Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.” (HR Imam Baihaqi).

Banyak orang yang sudah mengetahui tentang keisetimewaan sedekah. Oleh karena itu, mereka selalu istiqomah dan tidak pernah berhenti menyisihkan sebagian dari rezekinya untuk orang lain.

Mereka juga percaya bahwa rezeki yang datang dari Allah SWT hanyalah titipan. Sebagian rezeki yang Allah SWT titipkan itu ada hak orang lain di dalamnya untuk dibagi.

Sedekah tidak mengenal waktu. Dengan kata lain dapat dilakukan kapan saja. Namun, ada keistimewaan khusus jika sedekah dilakukan saat waktu subuh.

Keistimewaan sedekah subuh dijelaskan dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim. Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda:

“Setiap pagi, dua malaikat turun mendampingi seorang hamba. Yang satu mendoa: Wahai, Tuhan! Berikanlah ganti rugi bagi dermawan yang menyedekahkan hartanya. Dan Malaikat yang satu lagi berkata: `Ya Allah, musnahkanlah harta orang-orang yang bakhil.” (HR Bukhari dan Muslim).

Baca juga: 12 Khasiat Bersedekah di Bulan Ramadhan Sebagai Bukti Kebenaran Iman

Exit mobile version