Site icon Info Seputar Muslim

Lamongan Dapat Tambahan 2 Ribu Vaksin PMK

Lamongan kembali mendapat tambahan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Gambar hanya Ilustrasi.

Lamongan kembali mendapat tambahan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Gambar hanya Ilustrasi.

biromuslim.com – Lamongan kembali mendapat tambahan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Kali ini, Lamongan akan menerima 2 ribu dosis yang dijadwalkan tiba Kamis (07/07/22).

Juru bicara Satgas PMK Lamongan drh. Rahendra mengatakan Lamongan akan menerima 2 ribu dosis lagi vaksin PMK. Dua ribu dosis ini, melengkapi 7 ribu dosis vaksin sebelumnya yang sudah disuntikkan.

“Kamis besok (07/07/22) Lamongan akan kembali menerima 2 ribu dosis, jadi total ada 9 ribu dosis,” kata Rahendra kepada wartawan, Rabu (06/07/22).

Menurut Rahendra, 2 ribu dosis vaksin ini akan digunakan untuk melanjutkan vaksinasi yang sebelumnya dilakukan di 8 kecamatan dengan status sebagai zona hijau PMK. Rahendra mengatakan, 2 ribu dosis vaksin yang akan datang tetap memprioritaskan wilayah dengan potensi penularan paling kecil.

“Dropping yang datang itu akan melanjutkan vaksinasi yang sebelumnya dilakukan di 8 kecamatan zona hijau PMK dan yang pasti 2 ribu itu akan menyasar Kecamatan Sukorame dan Buluk, juga di kawasan utara, yaitu Kecamatan Paciran dan Brondong, tapi masih dirundingkan,” ujarnya.

Gelombang pertama yang masuk sebanyak 7 ribu vaksin, Rahendra menyebut jika semuanya sudah disuntikkan pada hewan ternak sesuai ketentuan yang ada, yaitu kategori sapi betina pembibit maupun pedet atau anakan. Per hari ini, sudah tersalurkan sebanyak 6.889 dosis vaksin dari 7 ribu vaksin yang tersedia telah didistribusikan, hanya tersisa 111 dosis vaksin.

“Dari 7 ribu yang kita dapat di gelombang pertama kemarin, hari ini kami rencanakan akan bisa terselesaikan semua,” tambahnya.

Untuk permintaan secara keseluruhan, Disnakeswan Lanongan mencatat bahwa  Lamongan membutuhkan vaksin sebanyak 117 ribu dosis vaksin berdasarkan data populasi ternak sapi yang ada di Lamongan. Saat ini, hanya 7 ribu vaksin yang telah diberikan.

Baca juga : Jelang Idul Adha, 500 Ekor Sapi di Rokan Hulu Divaksin PMK

 

Exit mobile version