Site icon Info Seputar Muslim

Pesan Jokowi di Hari Kartini 2022

Presiden Joko Widodo

Pada hari ini, Kamis 21 April 2022 masyarakat Indonesia menyambut Hari Kartini untuk menghormati para pahlawan nasional yang memperjuangkan hak-hak perempuan.

R.A Kartini tidak terlepas dari citranya yang memperjuangkan pembebasan perempuan di tanah air.

Dikutip dari laman Kemendikbud, Kamis (21/4/2022), R.A Kartini lahir di Jepara, 21 April 1879 Jawa Tengah. Raden Ajeng Kartini dikenal sebagai sosok yang mempelopori kesetaraan gender di Indonesia.

Semasa hidupnya, R.A. Kartini melihat banyak diskriminasi antara laki-laki dan perempuan saat itu,  di mana beberapa perempuan tidak diperbolehkan mengenyam pendidikan sama sekali.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjadi salah satu figur di Tanah Air yang ikut menyambut Hari Kartini tahun ini.

Sambutan itu ia unggah di laman Instagram resminya.

Dalam unggahan tersebut, terlihat sebuah video ilustrasi yang menggambarkan R.A Kartini.

“Selamat Hari Kartini,” demikian tertulis dalam video unggahan @Jokowi di Instagram. 

“Setiap zaman di sepanjang sejarahnya, Indonesia selalu melahirkan perempuan-perempuan yang tangguh, berpengaruh, dan menjadi inspirasi. Mereka mengambil peran di semua palagan pengabdian yang membuat bangsa besar ini tetap tegak dan melangkah maju,” tutur Jokowi.

Selain Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan juga berbicara pada Hari Kartini di platform yang sama.

“Selamat Hari Kartini 21 April 2022,” kata Menko Luhut di fitur Insta Story, Kamis (21/4).

“Semangat perempuan Indonesia yang mandiri dan berdaya merupakan inspirasi bagi pembangunan nasional yang berkelanjutan,” lanjutnya.

Exit mobile version