Site icon Info Seputar Muslim

Pemerintah Tetapkan Ramadan Jatuh 3 April 2022

Pemerintah tetapkan Ramadhan jatuh 3 April 2022

Pemerintah menetapkan awal Ramadan 1443 H jatuh pada hari Minggu, 3 April 2022 M. Keputusan ini disampaikan oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas sebagai hasil Sidang Isbat Awal Ramadan 1443 H.

Sidang isbat ini digelar secara hybrid, dan diikuti perwakilan ormas Islam, Duta Besar Negara Sahabat, dan Team Unifikasi Kalender Hijriyah Kementerian Agama.

Sebelum ditetapkan, Menag terlebih dahulu mendengar laporan berasal dari Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Adib. Dilaporkan bahwa secara hisab, posisi hilal di semua Indonesia udah di atas ufuk, tepatnya ketinggian hilal terhadap posisi 1 derajat 6,78 menit hingga 2 derajat 10 menit.

Tetapi demikian, berdasarkan laporan rukyat, bukan tersedia seorang pun yang menyampaikan sudah lihat hilal. Team Kemenag lakukan rukyatul hilal terhadap 101 titik terhadap 34 provinsi di semua Indonesia.

“Berasal dari 101 titik, seluruh melaporkan tidak melihat hilal. Berdasarkan hasil hisab dan laporan rukyatul hilal, secara konsensus menetapkan bahwa 1 Ramadan jatuh terhadap hari Ahad, 3 April 2022 Masehi,” tegas Menag di Jakarta, Jumat (1/4/2022).

“Ini hasil sidang isbat yang baru selesai dan disepakati bersama,” sambungnya.

Peraturan ini tertuang di dalam Aturan Menteri Agama No 324 th 2022 berkenaan Lepas 1 Ramadan 1443 Hijriyah/2022 Masehi. KMA ini ditandatangani Menteri Agama tertanggal 1 April 2022.

Menag berharap umat Islam Indonesia bisa menjalankan puasa secara bersama dengan. Hal tersebut menurutnya sanggup jadi cermin kebersamaan umat Islam Indonesia.

“Semoga ini sanggup jadi wujud kebersamaan kami sebagai sesama anak bangsa di dalam menatap masa depan yang lebih baik,” pesan Menag.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Abdullah yang juga hadir mengikuti sidang isbat beri tambahan bahwa sebelum menetapkan awal Ramadan, Menag selaku pimpinan sidang sudah meminta pertimbangan dari beraneka ormas Islam.

“Ternyata dilaporkan tidak ada yang mellihat hilal didalam rukyatul hilal agar awal Ramadan ditetapkan jatuh 3 April 2022,” ujarnya

Exit mobile version