Site icon Info Seputar Muslim

Penetapan Sidang Isbat Jatuh 1 April 2022

Penetapan sidang Isbat

Sidang isbat penetapan awal Ramadhan dilakukan setelah pemantauan hilal di berbagai titik pantau seluruh Indonesia

Kabar bulan Ramadhan akan tiba di Bulan April 2022, sudah menjadi pembahasan di kalangan masyarakat. Saat ini masih banyak yang bertanya-tanya kapan awal Ramadhan 2022, jadwal puasa 1 Ramadhan 2022. Saat ini Nadhatul Ulama dan Muhammadiyah akan menggelar sidang isbat 1 April pada pukul 17.00 WIB.

Seperti kita ketahui, Ramadhan merupakan bulan yang suci di mana pada bulan tersebut umat Islam di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa. Kementrian Agama (Kemenag) dan Pemerintah akan menggelar sidang isbat penentuan  penetapan 1 Ramadhan 2022 jatuh pada tanggal berapa. Kemenag yang menggelar sidang isbat juga merupakan agenda rutin setiap tahunnya untuk mengetahui awal 1 Ramadhan.

Rapat penetapan sidang isbat tahun 2022 (1443 H). Sidang isbat akan digelar secara luring dan daring pada Jumát 1 April 2022 pukul 17.00 WIB.

Berdasarkan informasi dari Kementrian Agama (Kemenag) yang dikutip dari suara.com, Sidang Isbat akan dilaksanakan 1 April 2022 atau pada malam 29 Sya’ban 1443 Hijriah. Pelaksanaan sidang isbat akan diselenggarakan secara luring dan daring. Sidang isbat luring digelar di Auditorium HM. Rasjidi Kemenag, Jalan MH. Thamrin, Jakarta.

Proses sidang akan dimulai pada pukul 17.00 WIB. Lembaga-lembaga yang akan hadir dalam sidang isbat selain dari pihak Kementerian Agama antara lain dari perwakilan ormas Islam, lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, MUI, dan Komisi VIII DPR RI. 

Sidang isbat yang dilakukan Kemenag akan menerima laporan dari pemantau hilal yang tersebar di 101 titik mulai dari Sabang sampai Merauke. Pelaksanaan sidang isbat akan digelar secara tertutup setelah shalat magrib.

Maka dari itu,  kita bisa mengikuti sidang isbat di televisi dan mendapatkan kabar secara langsung dari konferensi pers dan biasanya akan di siarkan secara live. Semoga Ramadhan tahun ini dapat kita jalani dengan khidmat, khusyuk dan penuh kegembiraan yaa… Serta kita semua bisa merasakan berkahnya bulan Ramadhan. Aamiin.

Exit mobile version