Site icon Info Seputar Muslim

Fitur Add Yours Instagram Buka Celah Penipuan dan Curi Data

Jakarta — Media sosial Instagram belum lama merilis fitur terbaru sticker Add Yours. Namun sebagian pengguna justru mengeluhkan bahwa lewat platform itu menjadi celah kebocoran data hingga sebagai modus operandi di jagat maya.

Sebagai informasi, fitur Add Yours merupakan fitur terbaru yang bisa digunakan di Instagram Story. Lewat Add Yours, pengguna bisa saling berbalas pesan lewat postingan Insta Story. Belakangan, fitur itu kerap dijadikan kuis atau challange oleh para pengguna.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, Selasa (23/11) pagi, challenge Add Yours kerap seliweran di postingan Instastory pengguna, di antaranya postingan itu meminta untuk menyebut berapa umur pengguna dan pasangan, siapa nama panggilan, tak jarang ada challange untuk meminta tanggal lahir.

Meski terbilang bisa dijadikan untuk ajang ‘seru-seruan’ di jagat maya, salah satu pengguna mengungkap bahwa lewat challenge ‘variasi nama panggilan kamu’, menjadi celah penipuan.

Modus tersebut kemudian dituangkan dalam postingan Twitter pada Selasa (23/11) pagi oleh @ditamoechtar_.

CNNIndonesia.com telah mendapat izin dari pemilik akun untuk mengutip unggahan yang diposting di Twitter.

Dita Moechtar menjelaskan bahwa baru tadi pagi ia ditelepon oleh rekannya yang tertipu dan meminta sejumlah uang untuk ditransfer. Dita mengatakan bahwa rekannya merasa percaya, lantaran penipu memanggil dia dengan nama panggilan akrab.

Diduga, nama panggilan akrab itu diambil ketika korban mengikuti challenge di Instagram.

“Yang bikin temen saya percaya, si penipu manggil dia “pim”. “Pim” adalah panggilan kecil teman saya, yang hanya orang dekat yang tahu. Terus dia inget dia abis ikutan (challenge Add Yours),” ujar Dita lewat twitternya, Selasa (23/11).

Konteks penipuan lewat fitur Add Yours pun diungkapkan salah satu kreator konten Eza Hazami. Ia menyebut bahwa fitur Add Yours dengan mudah membuat pengguna latah memberikan data pribadi.

“Enggak sekalian besok-besok masukin nama Ibu Kandung, sama 3 nomor belakang CVV/CVC kamu?” tulis Eza.

CNNIndonesia.com telah meminta izin untuk mengutip cuitan tersebut.

Unggahan tersebut pun direspons beragam oleh netizen. Namun, sebagian di antaranya mengaku sempat menerima komunikasi mencurigakan usai mengunggah dan ikut fitur Add Yours di Instagram.

Seperti diketahui, tersebarnya data pribadi kerap bermuara pada tindak kejahatan yang menyebabkan kerugian.

Sumber: CNN Indonesia

Exit mobile version