Site icon Info Seputar Muslim

Perbedaan Hati yang Hidup dan Mati Berdasarkan Syariat Islam

Jakarta – Hati merupakan bagian penting dari diri seseorang yang juga diakui dalam ajaran Islam.

Pembicaraan ini tentu saja bukan hati dalam pengertian organ-organ tubuh, melainkan sesuatu di dalam diri yang menyimpan segala bentuk perasaan.

Dilansir Elbalad, pengkhotbah Islam Syekh Ramadan Abdel Muiz mengatakan bahwa Nabi SAW menempatkan hati sebagai bagian terpenting yang dapat mempengaruhi pergerakan seseorang.

Dalam sebuah hadits, hati bahkan menjadi penyebab hancurnyauUmat Islam dalam suatu masa. Rasulullah SAW bersabda:   

عَنْ ثَوْبَانَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « يُوشِكُ الأُمَمُ أَنْ تَدَاعَى عَلَيْكُمْ كَمَا تَدَاعَى الأَكَلَةُ إِلَى قَصْعَتِهَا ». فَقَالَ قَائِلٌ وَمِنْ قِلَّةٍ نَحْنُ يَوْمَئِذٍ قَالَ بَلْ أَنْتُمْ يَوْمَئِذٍ كَثِيرٌ وَلَكِنَّكُمْ غُثَاءٌ كَغُثَاءِ السَّيْلِ وَلَيَنْزِعَنَّ اللَّهُ مِنْ صُدُورِ عَدُوِّكُمُ الْمَهَابَةَ مِنْكُمْ وَلَيَقْذِفَنَّ اللَّهُ فِى قُلُوبِكُمُ الْوَهَنَ . فَقَالَ قَائِلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا الْوَهَنُ قَالَ  حُبُّ الدُّنْيَا وَكَرَاهِيَةُ الْمَوْتِ 

Artinya: “Dari Tsauban, dia berkata bahwa Rasulullah ﷺ  bersabda, “Hampir saja para umat (yang kafir dan sesat, pen) mengerumuni kalian dari berbagai penjuru, sebagaimana mereka berkumpul menghadapi makanan dalam piring”. Kemudian seseorang bertanya,”Katakanlah wahai Rasulullah, apakah kami pada saat itu sedikit?” Rasulullah berkata,”Bahkan kalian pada saat itu banyak. Akan tetapi kalian bagai sampah yang dibawa oleh air hujan. Allah akan menghilangkan rasa takut pada hati musuh kalian dan akan menimpakan dalam hati kalian ’wahn’. Kemudian seseorang bertanya,”Apa itu ’wahn’?” Rasulullah berkata,”Cinta dunia dan takut mati.” (HR. Abu Dawud). 

Selain membahas tentang pentingnya menjaga hati, Syekh Muiz juga menjelaskan bahwa ada beberapa jenis hati, beberapa di antaranya adalah:

• Hati yang suci

Hati yang murni adalah milik orang yang tidak membuka satu celah pun di hati pada ketidakadilan. Mereka adalah orang-orang yang selalu berusaha tunduk kepada Allah dan sunnah nabi-Nya.

Hati yang suci ini dimiliki oleh banyak golongan, seperti hati yang dipertaruhkan, hati yang dibimbing, hati yang tenang, dan hati yang selalu hidup dengan mengingat-Nya.

• Hati yang mati 

Hati yang mati adalah hati yang jauh dari Tuhannya. Kemaksiatan atau perbuatan yang dilarang oleh Allah menutupi hatinya sehingga ia menjadi keras seperti batu dan lebih.

Hati ini milik orang-orang dengan golongan seperti, orang yang sakit hatinya karena menjauh dari Allah, orang yang buta hatinya karena tidak ingin melihat kebenaran Allah, hati yang goyah karena tidak menyadari penciptanya dan jauh dari kebenaran. Quran dan hati orang-orang berdosa yang melanggar larangan Allah tanpa rasa takut.

Ada juga hati yang keras yang tidak berusaha melunak sebanyak kebenaran yang telah ditunjukkan. Dan kemudian ada juga hati yang sesat atau orang yang menyimpang dari kebenaran.

Exit mobile version