Site icon Info Seputar Muslim

Daun Rindang, Cara Polisi Lebih Humanis Mendengar Keluhan Masyarakat Garut

Garut – Kepolisian Resort Garut, Jawa Barat menerjunkan petugas khusus di tiap wilayah dalam program Daun Rindang, gawean yang dipelopori Kapolda Jabar Irjen Suntana tersebut, berharap kehadiran petugas kepolisian yang santun bisa menjadi pengayom warga.

Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengatakan kehadiran polisi di tengah aktivitas masyarakat diharapkan menjadi solusi warga dalam pembinaan bhabinkamtibmas pihak kepolisian.

“Pada intinya kehadiran polisi bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, bisa memberikan perlindungan, kenyamanan serta pengayoman,” ujarnya di Mapolres Garut, kemarin.

Selain menjaga kondusifitas, kehadiran polisi dalam program ‘Daun Rindang’ diharapkan memberikan kemudahan dalam menjalankan aktifitas seperti penjagaan dan pengaturan lalu lintas di pagi hari saat masyarakat mulai beraktifitas.

“Termasuk nanti kegiatan patroli baik pengamanan di tempat ibadah seperti ibadah di gereja atau pun Salat Jumat,” ujar dia

Dalam praktiknya, polres Garut menyiapkan sejumlah kendaraan taktis yang digunakan para petugas, dalam memudahkan koordinasi dengan warga untuk mendengar keluhan mereka.

Bahkan, seiring mulai nampaknya ancaman hidrometeorologi di Garut yang terbilang komplet, lembaganya ujar peraih Adhi Makayasa tersebut, bakal lebih intens menerjunkan anggota kepolisian ke kawasan rawan bencana untuk memberikan sosialisasi kebencanaan.

Tak ketinggal ujar dia, kehadiran program daun rindang, diharapkan mampu mengingatkan dan memberikan kenyamanan bagi warga, terutama di kawasan sentra ekonomi untuk menegakan protokol kesehatan (prokes) pencegahan covid-19.

Meskipun demikian, Wirdhanto berharap penerjunan anggota kepolisian dalam program daun rindang, tidak mengurangi peran dari petugas Bhabinkamtibmas yang selama ini lebih dulu berada di tengah warga. “Kita akan kontroling juga,” kata dia mengingatkan.

Sumber : Liputan6.com

Exit mobile version