Site icon Info Seputar Muslim

5 Tempat Religi di Mekkah untuk Dikunjungi Selain Masjidil Haram

MAKKAH adalah kota suci bagi umat Islam. Ada pusat sholat bagi umat Islam, yaitu Ka’bah. Ka’bah terletak di kompleks Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi. Namun siapa sangka, ada banyak tempat ibadah di Mekkah yang wajib dikunjungi selain Masjidil Haram.

Ada sejumlah destinasi menarik yang bisa dijadikan destinasi wisata religi untuk memperpanjang kunjungan ke salah satu negara Timur Tengah tersebut. Berikut sederet lokasi religi di Makkah yang wajib kaum Muslimin kunjungi ketika menunaikan ibadah haji atau umrah.

Menara Abraj Al-Bait

Menara megah ini merupakan tempat wisata di Mekkah yang terletak di kompleks Abraj Al Bait. Menara ini terletak di sebelah Masjid Haram yang memiliki ketinggian 601 meter dengan 120 lantai.

Dengan ketinggian yang menjulang, umat Islam akan diperkenalkan dengan keindahan kota Mekkah yang mempesona. Menara Abraj Al Bait juga dikenal sebagai menara jam yang memungkinkan umat Islam untuk belajar tentang metode penentuan waktu dan alam semesta seperti galaksi, matahari, bulan dan bumi.

Menara Abraj Al-Bait

Kawah Al Wahbah

Tempat ibadah di Mekkah ini terletak di gurun pasir yang berukuran hampir 1 mil dengan tebing mencapai 850 kaki. Kawah ini terbentuk dari sisa-sisa vulkanik dan di sekitarnya berupa dataran berpasir yang kini ditumbuhi pohon palem.

Kehadiran pohon palem ini memberikan keteduhan bagi pengunjung yang datang ke tempat ini.Mitos atau cerita rakyat yang berkembang menyebutkan bahwa kawah Al Wahbah terbentuk ketika dua gunung saling jatuh cinta.

Al Kiswa Factory

Tempat ini merupakan pabrik kiswah yang merupakan penutup Ka’bah dengan hiasan kaligrafi yang indah. Kaligrafi dilakukan secara manual dengan menyulam dengan banyak benang. Alhasil, karya seni yang menarik di Kiswah pun bisa lahir.

Saat berkunjung ke pabrik Al Kiswa, umat Islam bisa menambah kreatifitas dengan memperhatikan proses produksi kiswa dan juga bisa membelinya sesuai budget sendiri.

Fakieh Aquarium

Akuarium Fakieh adalah satu-satunya objek wisata akuarium umum di Arab Saudi. Tempat wisata kota Mekkah ini sangat cocok bagi para jamaah umroh yang membawa serta anaknya berlibur.

Selain sebagai tujuan hiburan, Fakieh Aquarium menawarkan pendidikan kehidupan bawah laut. Pengunjung juga dapat menyaksikan pertunjukan lumba-lumba dan singa laut setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 11 malam.

Jabal Tsur

Jabal Tsur adalah sebuah bukit yang menyimpan sebuah gua bersejarah. Bukit yang terletak di Al Hijrah, Mekkah ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dan layak untuk diabadikan. Wisatawan bisa berfoto di berbagai tempat hingga puas.

Selain memiliki pemandangan yang indah, Jabal Tsur juga menjadi saksi dari peristiwa besar masa lalu: Nabi Muhammad sallallahu ‘alayhi wassallam dan Abu Bakar radhiyallahu anhu bersembunyi di salah satu gua di sini karena mereka diburu oleh orang-orang kafir yang ingin untuk membunuhnya.

Exit mobile version