Site icon Info Seputar Muslim

Barmak: Memeluk Islam Pada Masa Utsman bin Affan, Berhasil Pada Masa Harun Al-Rasyid

Khalifah Harun Al-Rasyid: Barmak memeluk Islam di era Khalifah Utsman bin Affan dan menempati posisi penting dalam pemerinahan Harun Al-Rasyid (Ilustrasi: Ist)

Sejarah keluarga al-Baramikah cukup melegenda. Kepala keluarganya, Barmak, memeluk Islam pada masa Khalifah Utsman bin Affan dengan penolakan dari keluarga al-Baramikah. Sepanjang sejarah, keturunan Barmak telah menjadi tokoh penting pada masa Khalifah Harun Al-Rasyid.

Alkisah di Persia hiduplah sebuah keluarga besar al Baramikah, sebuah keluarga terpelajar, pejabat pemerintah Persia yang beragama Buddha, memiliki pengetahuan, penguasaan dan minat yang besar dalam mempelajari bahasa Sansekerta.

Ketika Islam membebaskan seluruh Persia, keluarga al-Baramikah pindah ke Basra di Irak selatan. Meskipun Persia mengalihkan kekuasaan ke Khalifah Islam, kedudukan keluarga ini sebagai staf administrasi kerajaan sebelumnya tidak dicabut. Bahkan, mereka tetap menganut agama Buddha, yang terjadi pada masa Khalifah Umar bin Khattab.

Ketika khalifah menjadi Utsman bin Affan, Barmak yang saat itu menjadi kepala keluarga al-Baramikah bertemu dengan Khalifah Utsman bin Affan, menurut Eamonn Gearon dalam bukunya yang berjudul The History and Achievements of the Islamic Golden Age (2017) , kepada Khalifah Utsman Barmak ia menunjukkan dihqan (semacam bukti administratif bahwa mereka memiliki tanah tertentu) sebagai jaminan uang yang akan mereka berikan kepada negara.

Di sana, Barmak kemudian menunjukkan minatnya pada Islam, dan akhirnya memeluk Islam dan mengubah namanya menjadi Abdullah Barmak kembali ke anak-anaknya, rumah dan keluarganya, tetapi mereka tidak dapat menerima Islamnya.

Menanggapi tanggapan rakyatnya, Barmak menjawab, “Hanya karena pilihan, dan mengetahui keunggulannya, tanpa rasa takut atau cemas, saya masuk agama ini (Islam). Saya tidak akan kembali ke agama yang jelas-jelas tidak sempurna, yang kemalangannya telah terungkap. “

Era Bani Abbasiyah

Era kemudian terus berubah: era khulafaur Rasyidin digantikan oleh Khilafah Bani Umayyah dan ketika Bani Umayyah hendak berakhir, keluarga al Baramikah mendekati Bani Abbasiyah.

Ketika Bani Abbasiyah memberontak melawan Bani Umayyah, keluarga al-Baramikah mendukung pemberontakan tersebut. Selama pemberontakan, kepala keluarga al-Baramikah, Khalid bin Barmak, mengelola wilayah keluarga di Irak saat ini, mengawasi pasukan militer, dan mengumpulkan pajak perusahaan tanah setempat.

Keluarga al-Baramikah dikenal karena pandangannya yang toleran terhadap agama dan filsafat, dan dikenal luas karena dukungan mereka terhadap seni dan sains yang muncul selama zaman keemasan Islam.

Setelah Bani Abbasiyah berhasil menggulingkan Dinasti Umayyah dan berkuasa pada tahun 750, Khalid bin Barmak memainkan peran penting dalam pemerintahan dengan menjadi kepala berbagai sekretariat dan juga gubernur beberapa provinsi.

Sementara itu, Yahya, putra Khalid, menjadi guru besar dan dosen ilmu pemerintahan dan militer bagi Harun al-Rasyid yang belum menjadi khalifah.

Sekitar tahun 779, Harun muda – masih anak laki-laki berusia sekitar 14 tahun – ditugaskan untuk memimpin ekspedisi militer Abbasiyah melawan Kekaisaran Kristen Bizantium.

Selama ekspedisi ia ditemani oleh Yahya yang terlatih dan berpengetahuan luas, yang dengan cermat mengamati dan memastikan bahwa Harun muda dapat menyelesaikan misinya sehingga sekembalinya ia dapat disambut dan disambut di lingkungan istananya.

Kakak laki-laki Harun al-Rashid, Al-Hadi, sempat naik ke kekhalifahan, tetapi segera meninggal karena alasan misterius, sedemikian rupa sehingga Harun al-Rashid, yang saat itu berusia dua puluhan, menjadi khalifah kelima.

Di bawah Khalifah baru ini Yahya diangkat menjadi wazir dan diberi wewenang untuk mengendalikan hampir sepenuhnya administrasi kerajaan selama 17 tahun ke depan.

Putra Yahya Jafar juga memainkan peran yang sama pentingnya selama periode ini, ia diberi jabatan gubernur beberapa provinsi, memimpin tentara dan menemani calon muda menjadi khalifah.

Berbagai dokumen sejarah menunjukkan bahwa selama periode ini keluarga Abbasiyah dan keluarga al-Baramikah secara pribadi sangat dekat sejak awal.

Yahya sendiri saat ini menaruh minat pribadi pada karya-karya Sansekerta dan agama-agama India. Di bawah dorongan al-Baramikah, Bani Abbasiyah menerjemahkan buku-buku Sansekerta ke dalam bahasa Arab.

Ketika keturunan Barmak secara tiba-tiba dan paksa disingkirkan dari kekuasaan oleh Khalifah Harun alRasyid pada tahun 803 dan pengaruh al-Baramikah menghilang, tidak ada terjemahan lain dari bahasa Sansekerta ke dalam bahasa Arab yang diketahui.

Terjemahan dari bahasa Sansekerta ke dalam bahasa Arab tidak kembali sampai dua abad kemudian di India sendiri, oleh sarjana al-Biruni dalam keadaan yang sama sekali berbeda.

Laporan mengklaim bahwa penghapusan al-Baramikah dari istana karena Yahya terlalu kuat, dan lebih jauh lagi, Jafar bin Yahya diduga berselingkuh dengan Abbasah, saudara perempuan Harun AI-Rasyid. Harun kemudian memerintahkan agar Jafar dibunuh.

Exit mobile version