Site icon Info Seputar Muslim

Berbagi untuk Negeri, Alumni Akpol 1992 Distribusikan Ratusan Paket Sembako

Pekanbaru, InfoPublik —  Alumni Akpol 1992 Pratisara Wirya yang bertugas di Polda Riau, memberikan bantuan sosial (Bansos) bagi masyarakat terdampak COVID-19 yang berdomisili di Kota Pekanbaru, Jumat (27/8/2021).

Sebanyak 556 paket berupa Sembako disalurkan juga meneruskan instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada para alumni Akpol, untuk melaksanakan Bansos kepada masyarakat.

Di Riau, kegiatan ini diawaki Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto bersama Dirtahti AKBP Wendri, serta para istri, sama-sama menyalurkan Bansos.

Pemberian Bansos ini juga sebagai bentuk kepedulian serta pengabdian Polri, khususnya Polda Riau kepada masyarakat yang terdampak pandemi. Apalagi, atas pemberlakukan PPKM yang masih berjalan saat ini.

Pembagian ratusan paket Sembako ini dilaksanakan ditiga lokasi di Kota Pekanbaru.

Lokasi pertama dilaksanakan di kantor Bidang Humas Polda Riau Jalan Bima, dengan sasaran Bansos diserahkan bagi petugas kebersihan yang mengabdi di Polda Riau hingga pekerja pers (wartawan) pun turut mendapat Bansos.

Lokasi selanjutnya, dilaksanakan di Kelurahan Bencah Lesung Tenayan, dengan mendatangi satu persatu rumah warga untuk memberikan Bansos.

Menurut ungkapan Yusni, warga setempat perempuan 69 tahun yang saat ini dalam kondisi lumpuh. Awalnya merasa kaget atas kemunculan petugas Polisi.

“Tadi saya sempat kaget adanya pak polisi. Tapi ternyata tujuan kedatangannya hanya memberikan bantuan Sembako,” ungkap Yusni.

Tentunya, dengan kondisi serba kesulitan ekonomi ditengah Pandemi ini, Yusni merasa bantuan yang diberikan sangat membantu.

“Saya berterima kasih kepada polisi, sangat memahami kondisi ekonomi saat ini yang serba susah,” sebut Yusni.

Kedatangan polisi tentunya meninggalkan kesan berarti, ia menyambut suka cita kedatangan para Alumni Akpol 1992 Polda Riau ini di rumahnya. Matanya berbinar, tangannya bergetar, tak henti-henti senyum haru dilepas dari bibirnya.

Usai mendapat bantuan, ia tak henti-henti mendoakan agar polisi selalu dilimpahkan kesehatan dan keselamatan, yang serentak diaminkan bersama.

Dari rumah Yusni, penyaluran bantuan digelar di Kelurahan Wonorejo Bukit Raya. Pemberian bantuan diwakilkan Kapolsek Bukitraya yang blusukan ke rumah warga untuk menyerahkan langsung bantuan tersebut.

Suasana hangat dan suka cita pun terpancar, saat warga menerima paket Sembako. Karena memang sangat membutuhkan Bansos ditengah-tengah kesulitan yang sedang dirasakan.

Agar tepat sasaran, panas terik matahari tak menghalangi para alumni Akpol 1992 membagikan beberapa paket Bansos kepada sejumlah pedagang kaki lima yang ditemui disepanjang perjalanan.

Buyung pria 60 tahun, yang turut mendapat bantuan turut bahagia. Karena memang, saat ini dagangannya jarang dibeli.

“Saya sangat bersyukur sekali, bapak polisi membantu Sembako, mudah-mudahan berkah dan terus dilakukan,” ungkap Buyung.

Tak hanya beberapa orang, para pekerja bangunan, penjual sayur, tukang tambal ban, pemulung hingga pedagang buah salak gerobak juga mendapat sama. Bahkan, Alumni Akpol 1992 Polda Riau ini juga memborong habis seluruh dagangan yang dijual Farida.

“Alhamdulillah, sejak siang jualan saya belum laku. Kemudian tiba-tiba bapak polisi yang datang memborong dagangan saya, lalu dikasih pula Sembako. Kami doakan mudah-mudahan polisi semakin diberkahi, selalu sehat,” ucap Farida penjual sayur dan buah salak.

Usai kegiatan, Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto mengungkapkan, kegiatan ini menandai 29 tahun pengabdian Akpol Angkatan 92, dengan memberikan Bansos bagi masyarakat yang terdampak COVID-19 di Riau khusus­nya di Kota Pekanbaru.

“Atas izin Kapolda, pemberian Bansos ini sebagai bentuk terima kasih atas kesempatan 29 tahun pengabdian. Kami alumni Akpol Angkatan 1992 Batalyon Pratisara Wirya yang berdinas di Riau, ingin berbagi bagi warga yang membutuhkan di tengah kondisi masyarakat yang tengah kesulitan karena pandemi COVID-19, yang juga dilakukan rekan-rekan setanah air,” ucap Narto.

Di sela-sela kegiatan pembagian Bansos ini, Alumni Akpol 1992 dari jajaran Polda Riau juga turut menyampaikan sosialisasi kepada warga, agar taat dan patuh dengan protokol kesehatan, sebagai upaya mencegah penularan COVID-19.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sehingga kita bisa menangkal dan terhindar dari bahaya virus ini,” tutup Narto. (Mediacenter Riau/hb)

Exit mobile version