Site icon Info Seputar Muslim

Ibadah Haji 2021 dipertimbangkan tanpa jamaah dari luar arab saudi

DUBAI – Ibadah haji 2021 dipertimbangkan dilaksanakan tanpa kehadiran jamaah dari luar Arab Saudi seperti diterapkan pada tahun lalu demi mencegah penyebaran Covid-19.

Pihak berwenang di Arab Saudi memang punya rencana membuka haji bagi jamaah dari luar negeri namun ada peluang ditangguhkan kembali sehingga hanya membolehkan jamaah dari dalam negeri, baik warga Saudi maupun ekspatriat, untuk melaksanakannya.

Dua sumber mengatakan kepada Reuters, Rabu (5/5/2021), bahwa jamaah dari dalam negeri, baik warga Saudi maupun ekspatriat harus memenuhi syarat utama yakni sudah menjalani vaksin Covid-19 atau sudah sembuh dari Covid-19 setidaknya 6 bulan sebelum pelaksanaan haji. Seorang sumber mengatakan, usia jamaah juga akan dibatasi.

Baca Juga: Pertama Kalinya Hajar Aswad Difoto dengan Canggih, Sudut Batu pun Terlihat Detail

Sumber lainnya menambahkan, rencana awal untuk mengizinkan jemaah haji dari luar negeri yang divaksin Covid-19 masih dipertimbangkan. Keraguan terletak pada jenis vaksin yang digunakan, kemanjuran, serta efektivitasnya melawan varian baru.

Meski demikian, kedua sumber tersebut memastikan belum ada keputusan final yang diambil sampai saat ini. Diskusi mengenai pelaksanaan ibadah haji 1442 Hijriah masih berlangsung melibatkan banyak pihak berkepentingan.

Tahun lalu Saudi menggelar haji dengan jemaah dari dalam negeri, jumlahnya tak sampai 10.000 orang. Angka ini jauh di bawak kondisi normal yang bisa diikuti 2,5 juta jemaah.

Arab Saudi akan membuka penerbangan internasional mulai 17 Mei, namun larangan masuk bagi warga dari 20 negara tetap diberlakukan yakni Argentina, Uni Emirat Arab, Jerman, Amerika Serikat, Indonesia, Irlandia, Italia, Pakistan, Brasil, Portugal, Inggris, Turki, Afrika Selatan, Swedia, Swiss, Prancis, Lebanon , Mesir, India, dan Jepang.

(Vitri)

Exit mobile version