Site icon Info Seputar Muslim

Eskalasi di Hudaidah menyebabkan 700 warga Yaman mengungsi

HUDAIDAH (Arrahmah.com) – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Kamis mengumumkan bahwa eskalasi bentrokan di provinsi Hudaidah, sebelah barat Yaman, telah menyebabkan sedikitnya 700 orang mengungsi sejak pertengahan Januari, lansir MEMO (29/1/2021).

Perwakilan penduduk yang bertugas di Yaman, Auke Lootsma, mengumumkan dalam sebuah pernyataan: “Kekhawatiran atas keselamatan warga sipil di wilayah selatan provinsi Hudaidah meningkat setelah eskalasi bentrokan sejak pertengahan Januari, termasuk pemboman daerah pemukiman, yang mana membahayakan ribuan penduduk setempat.”

Lootsma menambahkan: “Laporan awal menunjukkan bahwa korban sipil telah jatuh. Rumah dan pertanian telah dihancurkan di distrik Hays dan Ad Durayhimi dan lebih dari 100 keluarga telah mengungsi, setidaknya 700 orang.”

Pejabat PBB itu menekankan bahwa: “Serangan sembarangan di daerah pemukiman merupakan pelanggaran hukum kemanusiaan internasional dan harus segera dihentikan.”

Dia menambahkan: “Pihak-pihak yang terlibat harus ingat bahwa itu adalah tugas mereka untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi warga sipil setiap saat dan untuk memungkinkan pekerja kemanusiaan membantu yang terluka dan terlantar. Hingga kini delapan korban sipil telah dilaporkan di Hudaidah sejak 20 Januari, sementara puluhan rumah dan pertanian hancur.”

“Ada kebutuhan mendesak untuk penghentian segera pertempuran untuk memungkinkan pekerja kemanusiaan menilai kebutuhan dan memberikan dukungan medis yang diperlukan untuk warga sipil yang terluka dan dukungan material bagi mereka yang telah terlantar dan kehilangan sumber mata pencaharian,” menurut Lootsma.

Pejabat PBB tersebut menegaskan bahwa jumlah korban sipil di Hudaidah merupakan sumber kekhawatiran yang konstan. Dalam tiga bulan terakhir tahun 2020, 153 korban sipil (tewas atau terluka) dilaporkan di provinsi, yang merupakan jumlah tertinggi yang tercatat di seluruh negeri.

Meskipun Perjanjian Stockholm, yang ditandatangani antara pemerintah dan kelompok pemberontak Syiah Houtsi pada tahun 2018, memberikan gencatan senjata permanen di Hudaidah, pertempuran terjadi dari waktu ke waktu di tengah saling tuding melanggar perjanjian gencatan senjata.

Yaman telah menyaksikan bentrokan bersenjata selama hampir tujuh tahun, yang menyebabkan kematian 233.000 orang dan menyebabkan 80 persen dari populasi sekitar 30 juta orang Yaman bergantung pada bantuan kemanusiaan untuk bertahan hidup, di tengah krisis kemanusiaan terburuk di dunia, menurut PBB. (haninmazaya/arrahmah.com)

Exit mobile version