Site icon Info Seputar Muslim

3 Kategori Pura-Pura Tidak Tahu Soal Agama

JAKARTA- Adanya ilmu agama adalah untuk dipelajari bukan dihindari. Bila seseorang melakukan perbuatan dilarang maka tidak berdosa karena tidak tahu ilmunya.

“Istilahnya mending tidak tahu hukumnya, sehingga ketika kita melakukannya, kita tidak berdosa,” demikian disampaikan Ustaz Dr Musyaffa’ Ad Dariny MA dalam pesannya dalam grup kajian Selasa (5/1/2021).

Baca Juga: Syaikh Ingatkan Jangan Mudah Tertipu Orang Pandai Berargumentasi tapi Kosong Ilmu

Sekilas, kata dia, tampak logis alasan tadi, tapi sebenarnya ada beberapa hal perlu dicermati yakni:

1. Ketidak-tahuan yang disengaja adalah perbuatan dosa, karena dia telah meninggalkan sabda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam-: “Menuntut ilmu (agama) adalah kewajiban bagi setiap muslim” HR. Ibnu Majah: 224, dishohihkan oleh Syeikh Albani

… Oleh karenanya, kita wajib mengilmui dahulu apapun yang kita lakukan.

2.Ketidaktahuan dalam hal agama akan mendatangkan banyak kerugian… Sebagaimana dalam masalah duniawi, kita akan sulit maju kecuali dengan ilmu dunia, begitu pula dalam masalah akherat, kita akan sulit menjadi mulia kecuali dengan ilmu agama.

3.Ketidaktahuan adalah sesuatu yang berusaha kita hindari dalam hal dunia, bagaimana ia menjadi sesuatu yang kita cari dalam hal akhirat

Semoga Allah memberikan kita ilmu yang bermanfaat, menjadikan kita bermanfaat dengan ilmu tersebut, dan memberikan kita keikhlasan dalam amal dan perbuatan, amin. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur’an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Exit mobile version