Site icon Info Seputar Muslim

Menag Pastikan Layanan Terbaik untuk Jamaah Haji 2024

Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas

Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas

BiroMuslim – Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, mengapresiasi kelancaran proses keberangkatan jamaah haji yang hampir usai. Direktur Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Arab Saudi saat ini tengah fokus menyempurnakan pelayanan untuk jamaah dari Tanah Air.

“Dengan bersyukur kita sambut akhir dari prosesi keberangkatan haji. Semua berjalan dengan baik, meski ada sedikit kendala pada beberapa penerbangan seperti yang kita kenali dari Garuda Indonesia,” ucap Menteri Yaqut usai tiba di Bandara Internasional Jeddah pada malam hari waktu setempat, tanggal 9 Juni 2024.

Sejak dimulai pada 12 Mei 2024, secara keseluruhan telah tercatat kedatangan 209.934 jamaah dan pembimbing dalam 534 kloter di Arab Saudi. Sebagian yaitu 229 kloter telah tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah, sementara sisanya yang berjumlah 305 kloter telah sampai di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

Dengan 19 kelompok terbang atau kloter lagi yang dijadwalkan akan sampai di Jeddah hingga tanggal 11 Juni 2024, Menteri Agama mengatakan, “Kami sekarang tengah bekerja keras untuk menyiapkan servis terbaik yang dapat kami hadirkan bagi jamaah haji kita.”

Baca Juga : Cek Alur Pendaftaran Haji Reguler

Bersama tim Petugas Penyelenggara Ibadah Haji, Kementerian berkomitmen untuk terus menyediakan layanan sempurna bagi jamaah. Kerjasama dan komunikasi dengan pemerintah tuan rumah terus diupayakan dengan maksimal.

Gus Men, julukan akrabnya, menyatakan rasa terima kasihnya karena hubungan komunikatif dan kerja sama yang baik dengan otoritas Arab Saudi. “Sebelum saat my berangkat kesini pun, kami sempat berdiskusi dengan Duta Besar, tentang penyusunan layanan hotline khusus, guna merespons segala kemungkinan yang butuh penanganan cepat,” ungkapnya.

Gus Men juga merasa bersyukur karena pemerintah Arab Saudi telah cepat tanggap menerima permintaan yang diajukan oleh Indonesia. “Kita sangat merasakan bagaimana Kerajaan Arab Saudi begitu responsif mencermati permintaan yang kita ajukan. Semoga ini dapat terus kita lakukan bersama dengan penyediaan layanan unggulan bagi para peziarah,” jelasnya.

Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan tanggal 1 Zulhijjah tahun 1445 Hijriah jatuh pada 7 Juni 2024. Ritual puncak haji, Wukuf di Arafah, dijadwalkan akan berlangsung tanggal 15 Juni tahun yang sama. Jamaah diharapkan akan mulai bergerak dari akomodasi mereka di Makkah menuju Arafah.

Baca Juga : 5 Negara dengan Biaya Haji Tertinggi di Dunia

Exit mobile version