Site icon Info Seputar Muslim

Penyebaran Islam di Asia Dibawa oleh Pedagang

Ilustrasi

Ilustrasi

BIROMUSLIM Perkembangan Islam di Asia sangat menarik untuk dipelajari karena beragam peristiwa besar yang memengaruhi sejarah dunia telah terjadi. Perkembangan Islam dimulai dari era Rasulullah SAW. Rasulullah SAW yang mengajarkan dan menyebarkan ajaran agama Islam pada abad ketujuh yang berpusat di tanah Arab.

Kurang lebih 14 abad setelah Islam mulai disebarkan, menurut data World Population Review tahun 2023, lebih dari 1,9 miliar orang di dunia adalah muslim. Selanjutnya, dipaparkan pada data tahun 2021 bahwa empat negara Asia dengan penduduk muslim terbanyak, yaitu Indonesia (231 juta jiwa), Pakistan (212,3 juta jiwa), India (200 juta jiwa), Bangladesh (153,7 juta jiwa).

Perkembangan Islam dapat dikatakan masif dikarenakan pendekatan dakwah yang dilandasi pesan dari Al-Qur’an, sesuai dengan QS An-Nahl ayat 125,

ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَندِلَّهُم بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ

Artinya : “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik, dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.”

Allah SWT juga berfirman dalam QS Asy-Syuura ayat 14-15,

وَإِنَّ الَّذِينَ أُورِثُوا الْكِتَبَ مِنْ بَعْدِهِمْ لَفِي شَكٍّ مِّنْهُ مُرِيبٍ ١٤أَهْوَاءَهُمْ وَقُلْ وَامَنتُ بِمَا أَنزَلَ اللَّهُ مِنكِتَبٍ وَأُمِرْتُ صلے لأَعْدِلَ بَيْنَكُمُ اللَّهُ رَبُّنَا وَرَبُّكُمْ لَنَا أَعْمَلُنَا وَلَكُمْ أَعْمَلُكُمْ لَا حُجَّةَ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمُ اللَّهُيَجْمَعُ بَيْنَنَا وَإِلَيْهِالْمَصِيرُ١٥

Artinya : “Dan, sesungguhnya orang-orang yang diwariskan kepada mereka al-Kitab (Taurat dan Injil) sesudah mereka, benar- benar berada dalam keraguan yang mengguncangkan tentang kitab itu. Maka, karena itu, serulah (mereka kepada agama ini) dan tetaplah sebagaimana diperintahkan kepadamu, dan janganlah mengikuti hawa nafsu mereka. Dan, katakanlah, ‘Aku beriman kepada semua kitab yang diturunkan Allah dan aku diperintahkan supaya berlaku adil di antara kamu. Allah- lah Tuhan kami dan Tuhan kamu. Bagi kami amal-amal kami, dan bagi kamu amal-amal kamu. Tidak ada pertengkaran antara kami dan kamu. Allah mengumpulkan antara kita, dan kepada-Nya-lah kembali (kita).”

Penyebaran Islam di Asia

Selanjutnya, perkembangan Islam di Asia terus dilanjutkan oleh umat Islam. Salah satu kisah yang berpengaruh dalam sejarah dunia adalah Kesultanan Utsmaniyah atau Kerajaan Turki Utsmani yang secara langsung mempengaruhi perkembangan Islam di Asia, Eropa, dan Afrika.

Menurut Thomas W Arnold dalam bukunya The Preaching of Islam, penyebaran Islam di Asia meliputi penyebaran awal di Asia Barat, Persia, dan Asia Tengah. Selanjutnya, penyebaran di Asia secara lambat laun menyebar ke wilayah Mongolia, India, Tiongkok, dan Kepulauan Melayu termasuk Indonesia.

Menurut UNESCO, proses penyebaran Islam tergolong sangat cepat. Penyebarannya bisa cepat karena pemeluk Islam memiliki kemampuan maritim yang sangat baik. Selain itu, umat Islam memiliki kemampuan untuk terlibat dalam bisnis komersial, salah satunya adalah sutra dan jalur perdagangannya yang terkenal yaitu Jalur Sutra.

Jalur Sutra merupakan jalur perdagangan bagi mereka yang berhasil memonopoli perdagangan sutra antara Timur dan Barat. Selain jalur darat, sebagian besar pedagang Muslim ini menggunakan jalur laut dalam usaha mereka untuk berdagang dan menyebarkan Islam di Asia.

Perjalanan niaga para pedagang muslim mengarungi lautan akhirnya berakhir di kepulauan paling selatan Asia, yakni di Indonesia. Menurut UNESCO, penyebaran Islam mungkin telah menyebar ke hampir seluruh Asia karena ditemukannya rempah-rempah yang hanya bisa ditemukan di daerah Indonesia dan sekitarnya.

Itulah penjelasan singkat mengenai sejarah perkembangan Islam yang luar biasa di Asia.

Sumber : detik.com

Baca juga : Kerukunan Umat Beragama Indonesia Jadi Sorotan Dunia

Exit mobile version