Site icon Info Seputar Muslim

Nuzulul Quran, Manusia Diingatkan Amanat Ilahi dalam Al-Quran

JAKARTA – Terjadinya disorder sosial, ekonomi, budaya, politik dan ekosistem alam di berbagai belahan dunia, terutama dikarenakan manusia mengabaikan amanat Ilahi dalam Al-Quran.

Nah melalui peringatan Nuzulul Quran 17 Ramadhan manusia kembali diingatkan tentang pesan penting Al-Quran dalam kehidupan.

Sejatinya, kata Sekretaris Ditjen Bimas Islam, M. Fuad Nasar, Nuzulul Quran terjadi untuk mengingatkan seluruh manusia agar menjaga keseimbangan hablum minallah dan hablum minannaas.

Oleh karena itu, dalam momentum peringatan Nuzulul Qur’an tahun ini, dia mengajak umat Islam selalu meningkatkan literasi keagamaan melalui Al-Quran yang telah terpelihara kebenarannya sejak ribuan tahun silam.

Baca Juga: Umur 40 Tahun Fase Istimewa Manusia, Al-Quran Menjelaskan dan Ilmu Pengetahuan Membuktikan

Peringatan Nuzulul Quran diharapkan dapat menginspirasi umat Islam untuk mempelajari, memahami, dan mengaktualisasikan pesan-pesan keagamaan dari Al-Quran dalam rangka peningkatan kualitas ketakwaan diri dan umat.

“Kualitas pengamalan intisari ajaran Islam yang berpedoman pada Al-Quran dan As-Sunnah sejatinya menentukan kualitas peran dan partisipasi umat Islam dalam pembangunan bangsa, negara, dan peradaban kemanusiaan yang dibangun sebagai warga dunia,” terang Fuad.

Fuad mengatakan Al-Quran merupakan sumber utama akhlak muslim, terkait hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan sesama manusia, serta dengan alam sekitar. Sehingga umat Islam diminta untuk senantiasa mempelajari ayat-ayat suci Al-Quran.

Dengarkan Murrotal Al-Qur’an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Exit mobile version