Site icon Info Seputar Muslim

Jelang 10 Hari Terakhir Ramadhan, Yuk Pahami Lagi Doa Malam Lailatul Qadar

JAKARTA –  Pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba memperbanyak amal ibadah untuk mendapatkan kemuliaan Lailatul Qadar. Pasalnya amal salih, puasa, dan sholat malam pada malam Lailatul Qadar itu lebih utama dari ibadah selama seribu bulan.

Malam ini sangat penting bagi kaum Muslimin. Di dalam kitab suci Alquran ada surah yang berkaitan dengan malam Lailatul Qadar. Tidak lain adalah Surah Al Qadar dari ayat 1 sampai 5.

Seperti dilansir laman The Islamic Information, berikut ini Surah Al Qadar yang sangat penting dibaca pada 10 malam terakhir Ramadhan: 

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS Al Qadr: 1-5).

Sesuai dengan yang tercatat di dalam Alquran, Lailatul Qadar adalah “lebih baik dari seribu bulan” (97: 3). Segala bentuk amalan yang dapat umat Islam lakukan pada malam tersebut, seperti mengingat Allah, membaca Alquran, dan lainnya.

Ketika malam Lailatul Qadar dianjurkan untuk mandi, yaitu dekat ke waktu matahari terbenam atau menjelang mandi kemudian wudu. Pada malam ini juga disunahkan memperbanyak sedekah.

Kemudian doa yang disarankan untuk dilakukan pada malam Lailatul Qadar ini adalah untuk meminta pengampunan dan berkat dari Sang Pencipta Allah Subhanahu wa ta’ala. Lalu melakukan sholat sunah sebanyak-banyaknya.

Suatu hari Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pernah ditanya doa apa yang tepat untuk dipanjatkan malam tersebut. Rasulullah berkata, ia meminta kesehatan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur’an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Selain itu, dianjurkan melakukan amalan salih lainnya pada malam itu karena keutamaannya sangat melimpah, atau setara sudah melakukannya selama 83 tahun.

Berikut ini adalah doa memohon ampun yang dibaca saat malam Lailatul Qadar: 

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni’

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku.”

Selain itu, kita dituntut untuk memiliki pikiran yang terfokus dalam hal menghindari pembicaraan omong kosong, bermain game, menonton televisi, atau menghabiskan waktu di media sosial selama malam-malam yang diberkahi tersebut.

Orang-orang juga disarankan mengikuti setiap perbaikan yang diperlukan untuk berubah menjadi Muslim yang lebih baik.

Wallahu a’lam bishawab.

Exit mobile version