Site icon Info Seputar Muslim

Selain Pfizer, Asosiasi Medis Muslim Inggris Rekomendasikan Vaksin Covid-19 Oxford AstraZeneca untuk Muslim

INGGRIS–Beberapa minggu setelah menyetujui vaksin Pfizer dari BioNTech, dewan profesional medis Muslim Inggris terkemuka juga merekomendasikan vaksin Oxford/AstraZeneca untuk Muslim.

“Kami merekomendasikan AstraZeneca Vaksin Covid-19 untuk individu yang memenuhi syarat dalam komunitas Muslim untuk perlindungan terhadap Covid-19 bila digunakan sesuai dengan Otorisasi MHR,” kata Asosiasi Medis Islam Inggris atau British Islamic Medical Association (BIMA) dalam sebuah pernyataan di situsnya.

“Kelompok risiko yang diprioritaskan diuraikan dalam pedoman JCVI. Individu harus meminta nasihat dari praktisi medis mereka dan membuat keputusan setelah mendapat persetujuan.”

BACA JUGA: Vaksin Covid-19, Pfizer Temuan Ilmuwan Muslim Dinyatakan Halal oleh Ulama Inggris

Dalam keputusannya, BIMA berlandsakan konsultasi ahli penyakit menular, industri farmasi, kedokteran klinis, komisioning, kesehatan masyarakat, dan ahli bioetika. Hal-hal penting yang mereka tekankan termasuk bahwa tidak ada produk hewani dalam vaksin dan tidak mengandung sel embrio manusia.

“Tidak ada komponen yang berasal dari hewan (yaitu tidak ada gelatin) dalam vaksin ini. Vaksin tersebut telah diproduksi di 293 sel ginjal embrionik manusia (HEK) rekayasa genetika,” tambah BIMA.

Di sisi lain, BIMA mengatakan banyak komunitas Muslim adalah bagian dari orang yang paling berisiko meninggal atau sakit parah dengan Covid-19, sehingga mendesak mereka untuk mematuhi aturan penguncian, menjaga jarak sosial, dan mencuci tangan secara teratur.

“Terlepas dari ketersediaan vaksin, kewaspadaan dengan penggunaan masker, jarak sosial, ventilasi yang memadai, dan kebersihan tangan yang baik tetap penting dan sangat efektif dalam menangani pandemi ini,” bunyi pernyataan itu.

BACA JUGA: Ini 6 Jenis Vaksin Covid-19 yang Resmi Digunakan di Indonesia

“Pada saat publikasi, ada tingkat penularan Covid-19 yang sangat tinggi di seluruh Inggris, dengan beban yang tidak proporsional pada etnis minoritas lagi.”

Pada bulan Desember, BIMA juga menyetujui vaksin Pfizer/BioNTech untuk komunitas Muslim, mengkonfirmasikan bahwa tidak ada produk hewani dalam vaksin ini.

Di level lain, para ulama dari beberapa organisasi Islam paling berpengaruh di Inggris juga telah mengeluarkan fatwa yang mengatakan bahwa vaksin baru Pfizer BioNTech untuk Covid-19 itu halal. []

SUMBER: ABOUT ISLAM

Exit mobile version