Site icon Info Seputar Muslim

Doa Safar, Disunahkan untuk Perjalanan Jauh

TANGERANG SELATAN- Membaca doa safar (perjalanan) sebelum melakukan perjalanan patutlah dilakukan. Apalagi safar yang dilakukan mempunyai resiko keselamatan, seperti menggunakan pesawat terbang.

Ustaz Aep Saepullah Ibnu Ahmad Lc hafizhahullah dalam Kajian Ilmiah Rutin Online dari Masjid Al-Barkah Sawah Baru, Ciputat pada Ahad (10/1/2021) malam mengatakan, doa safar penting dilakukan bagi yang ingin melakukan perjalanan jauh atau perjalanannya beresiko keselamatan.

Selain itu sebelum safar, disunahkan juga agar yang melakukan safar sebelum berangkat terlebih dahulu mengumpulkan keluarganya dan memberikan nasihat.

“Ya memang begitu, kumpulkan keluarga lalu berikan mereka nasihat kebaikan. Kita doakan keluarga korban yang tewas mendapat ketabahan dan kekuatan hati,” ujarnya.

Sementara itu dikutip dari laman Rumasyo adapun doa saat safar ketika sudah berada di atas kendaraan yakni:

Doa saat safar ketika sudah berada di atas kendaraan

الله أَكْبَرُ (3x)

 سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ

Allohu akbar, Allohu akbar, Allohu akbar.

Subhaanalladzii sakh-khoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahuu muqriniin. Wa innaa ilaa robbinaa lamun-qolibuun. Allohumma innaa nas-aluka fii safarinaa haadzaa al-birro wat taqwaa wa minal ‘amali maa tardhoo. Allohumma hawwin ‘alainaa safaronaa haadzaa, wathwi ‘annaa bu’dahuu. Allohumma antash shoohibu fis safar, wal kholiifatu fil ahli. Allohumma innii a’uudzubika min wa’tsaa-is safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli. Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, Allah Mahabesar.

Artinya: Mahasuci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, padahal kami sebelumnya tidak mempunyai kemampuan untuk melakukannya, dan sesungguhnya hanya kepada Rabb kami, kami akan kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan, ketakwaan, dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini. Ya Allah, mudahkanlah perjalanan kami ini, dekatkanlah bagi kami jarak yang jauh. Ya Allah, Engkau adalah rekan dalam perjalanan dan pengganti di tengah keluarga. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesukaran perjalanan, tempat kembali yang menyedihkan, dan pemandangan yang buruk pada harta dan keluarga.

Sementara doa keluar rumah:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Bismillaahi tawakkaltu ‘alalloh, laa hawla wa laa quwwata illaa billaah. Artinya: Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya; tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya. 

Exit mobile version